Follow Us

Dear Mahasiswa, Lakukan Hal Ini agar Waktu Seharian Dapat Dimanfaatkan dengan Efektif

Fathia Yasmine - Senin, 25 Juli 2022 | 10:15
Ilustrasi belajar
DOK. Shutterstock

Ilustrasi belajar

Hai-Online.com – Memiliki waktu 24 jam rasanya tidak akan cukup ketika sudah menjadi mahasiswa. Pasalnya, selain harus mengerjakan tugas dan belajar, banyak juga mahasiswa yang memilih mengikuti program magang atau mengikuti aktivitas non-akademis untuk menambah pengalaman.

Padatnya aktivitas tersebut membuat mahasiswa harus pintar-pintar mengatur waktu dengan tepat. Jangan sampai berbagai kegiatan non akademis bikin lo lupa untuk belajar sehingga Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jadi turun drastis alias jeblok.

Agar aktivitas akademis dan non-akademis berjalan seimbang dan lo efektif dalam memanfaatkan waktu selama 24 jam, ada beberapa tips dari laman Itjen Kemendikbud Ristek yang bisa diterapkan.

1. Membuat jadwal kegiatan

Hal pertama yang bisa lo lakukan adalah membuat jadwal kegiatan di kertas, kalender, atau aplikasi pada ponsel. Selain membuat lo tidak mudah lupa akan kegiatan yang perlu dilakukan setiap hari, cara ini juga bisa membuat aktivitas lo sehari-hari lebih terstruktur.

Baca Juga: Tangga Lagu Indonesia 13 Juli 2022: Keisya Levronka - Tak Ingin Usai Puncaki Chart Spotify dan Joox

2. Urutkan kegiatan berdasarkan prioritas

Agar agenda perkuliahan tidak berantakan, lo juga perlu membuat daftar prioritas setiap harinya. Misalnya, ketika jadwal praktikum bentrok dengan kegiatan non-akademis, lo bisa menggeser salah satu kegiatan ke lain hari.

3. Memaksimalkan waktu luang

Jika ingin hidup lebih terstruktur, lo bisa memanfaatkan waktu luang untuk untuk mencicil tugas atau melakukan kegiatan bermanfaat. Contohnya dengan mengikuti webinar, membaca buku, atau bergabung ke dalam komunitas baru.

4. Jangan lupa beristirahat

Merencanakan waktu istirahat saat akhir pekan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Lo bisa memanfaatkan akhir pekan untuk healing dengan menonton film kesukaan, bermain gim, atau bertemu dengan keluarga dan teman.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest