Follow Us

Kisah Rizal, Anak Buruh Yang Menjadi Mahasiswa Berprestasi UNY, Punya Segudang Prestasi Karya Tulis

Tanya Audriatika - Rabu, 06 Juli 2022 | 19:05
Ahmad Rizal Rifani atau yang akrab disapa Rizal ini menjadi mahasiswa diploma berprestasi UNY.
Dok. laman UGM

Ahmad Rizal Rifani atau yang akrab disapa Rizal ini menjadi mahasiswa diploma berprestasi UNY.

HAI-Online.com - Mahasiswa prodi D4 Teknik Mesin Fakultas Teknik UNY, Ahmad Rizal Rifani atau yang akrab disapa Rizal ini berhasil meraih juara pertama mahasiswa diploma berprestasi.

Pemilihan mahasiswa berprestasi ini digelar dalam rangka dies natalis UNY ke-58.

Serangkaian proses seleksi ini dimulai dari pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas melalui seleksi administrasi dan karya.

Setelah itu, dipilih satu mahasiswa mewakili fakultas teknik untuk melakukan seleksi di tingkat universitas.

Pada tingkat universitas, dipilih 2 mahasiswa untuk jadi mahasiswa berprestasi yakni pada program sarjana dan diploma. Pemilihan ini lewat beberapa tahapan dimana penilaiannya dinilai oleh dosen/juri yang berkompeten di bidangnya.

Alumni SMAN 1 Kebumen ini cerita, awalnya ia nggak punya passion di bidang pemesinan. Namun berkat dukungan orang tuanya, dosen-dosen yang berkompeten, serta lingkungan kampus yang nyaman, ia bisa beradaptasi dengan teknik mesin lebih mudah.

Baca Juga: Pernah Putus Kuliah? Coba Daftar Program RPL UNY 2022, Begini Kriterianya!

“Gue hobi menulis karya tulis ilmiah dari SMP sama ikut organisasi KIR” katanya dilansir dari laman UNY, Rabu (29/6/2022).

Diketahui, Rizal juga ikut UKM Rekayasa Teknologi UNY dan UKM Penelitian Matriks Fakultas Teknik.

Anak pasangan Jarkasih yang berprofesi sebagai buruh, serta Karti Yuniarsih ini sudah mendapatkan kurang lebih 30 prestasi nasional di bidang karya tulis.

Rizal juga bergabung dengan tim Robotika UNY (Tim Maestro_Evo) dan berhasil menjadi juara 3 Nasional pada 2020 dan Juara 2 Nasional pada 2021.

Pada tahun yang sama, Rizal bersama tim membawa nama UNY ke kancah internasional mewakili Indonesia di kompetisi ABU ROBOCON se-Asia Pasifik.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest