Follow Us

Nggak Lolos SBMPTN? Ini 3 Opsi yang Bisa Lo Coba Buat Dapat Kuliah!

Reinaldy Royani - Jumat, 24 Juni 2022 | 17:46
Nggak lolos SBMPTN 2022, lo bisa cobain 3 opsi ini!
Dias/HAI

Nggak lolos SBMPTN 2022, lo bisa cobain 3 opsi ini!

HAI-ONLINE.COM - Gimana nih hasil SBMPTN 2022 lo kemarin? buat yang belum beruntung dapet kuliah, tenang aja karena masih ada opsi lain yang bisa lo coba!

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 baru aja diumumin Kamis (23/6/2022) kemarin.

Menurut LTMPT, terdapat 192.810 calon mahasiswa dari 800.852 peserta tes SBMPTN dinyatakan diterima atau lolos seleksi. Sementara 608.042 peserta gagal masuk universitas melalui jalur SBMPTN.

Buat lo yang masih belum dapet kuliah, jangan risau dulu sob karena SBMPTN bukan cara terakhir buat mendapatkannya. Berikut 3 opsi yang bisa lo lakukan!

Baca Juga: Informasi Lengkap, Ini Jadwal Jalur Mandiri PTN di Jawa Tengah 2022

  1. Jalur Mandiri
Buat lo yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri tapi nggak lolos SBMPTN bisa mencoba cara ini. Melansir dari data LTMPT, terdapat kuota 30 sampai 50 persen di Jalur Mandiri di berbagai universitas negeri. Jalur Mandiri di beberapa PTN juga menggunakan hasil UTBK SBMPTN sebagai salah satu syarat masuknya.

  1. Perguruan Tinggi Swasta
Selain daftar Jalur Mandiri di PTN, lo juga bisa cobain daftar di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang kualitasnya nggak kalah kok dari PTN. Melansir dari Kompas.com, sejumlah PTS yang masuk dalam ranking kelas dunia! Untuk biayanya jangan khawatir, baik PTN maupun PTS menyediakan jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk meringankan biaya kuliah dan tunjangan bulanan.

  1. Menunda kuliah satu tahun (gap year)
Tenang aja sob, gap year nggak berarti lo benar-benar menganggur atau ketinggalan telat kuliah selama setahun! Lo bisa memanfaatkan gap year dengan fokus belajar dan mengeksplor sesuatu yang belum lo pelajarin di masa sekolah. Setelah setahun belajar, lo bisa semakin siap untuk menghadapi SBMPTN tahun depan dan memilih jurusan yang lo inginkan.

(*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest