Follow Us

Berencana Kuliah di Luar Negeri? Ini Keuntungan Memilih Malaysia Sebagai Negara Tujuan

Yussy Maulia - Rabu, 22 Juni 2022 | 18:00
Ilustrasi mahasiswi yang menempuh pendidikan di universitas di Malaysia.
Shutterstock

Ilustrasi mahasiswi yang menempuh pendidikan di universitas di Malaysia.

HAI-Online.com – Sebagai negara tetangga Indonesia, Malaysia sering menjadi tujuan bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Menurut data internal Education Malaysia Global Services (ESGM) pada 2021, jumlah permohonan visa pelajar dari Indonesia di Malaysia mencapai lebih dari 2.000 permohonan.

Dari jumlah tersebut, sekitar 1.500 merupakan permohonan visa untuk menempuh pendidikan sarjana strata 1 (S1). Sedangkan sisanya merupakan permohonan visa untuk menempuh pendidikan magister (S2).

Saat ini, secara keseluruhan terdapat 10.000 mahasiswa Indonesia yang menempuh studi S1 dan S2 di Malaysia. Sementara itu, pada periode Januari-Mei 2022, tercatat sekitar 400 permohonan visa pelajar dari Indonesia.

Baca Juga: Sedang Persiapan Masuk Kampus? Ini 5 Unit Kegiatan Mahasiswa Terfavorit!

Chief Executive Officer (CEO) EMGS Mohd Radzlan Bin Jalaludin mengungkapkan, salah satu alasan mengapa Malaysia begitu diminati oleh pelajar Indonesia untuk menempuh perkuliahan adalah lokasinya yang bertetangga dengan Indonesia.

“Kuala Lumpur ke Jakarta bisa ditempuh dengan pesawat kurang lebih 2 jam, sehingga mahasiswa Indonesia bisa pulang ke kampung halaman setiap minggu atau setiap bulan, tergantung kemampuan masing-masing," ungkapnya seperti dikutip dari Kompas.com, (22/6/2022).

Enggak hanya itu, biaya hidup di Malaysia juga tergolong terjangkau. Menurut Radzlan, jika dibandingkan dengan Kanada, Amerika, dan Australia, biaya hidup di Malaysia hanya sepertiga dari biaya hidup di negara-negara tersebut.

Ragam pilihan universitas favorit

Sama seperti Indonesia, Malaysia juga memiliki banyak pilihan perguruan tinggi. Dijelaskan oleh Radzlan, terdapat 20 universitas negeri dan 280 institusi perguruan tinggi di Malaysia yang menerima mahasiswa internasional.

Baca Juga: FKG Unpad Kembali Buka Program Pertukaran ke Malaysia dan Jepang

Editor : Sheila Respati

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular