Follow Us

Nggak Cuma Motor, Nyetir Mobil Pake Sendal Jepit Juga Nggak Dianjurkan

Reinaldy Royani - Senin, 20 Juni 2022 | 14:14
Mengendarai mobil menggunakan sandal jepit ternyata sama bahayanya dengan motor
stocksnap.io

Mengendarai mobil menggunakan sandal jepit ternyata sama bahayanya dengan motor

HAI-ONLINE.COM - Akhir-akhir ini publik diramaikan dengan isu larangan penggunaan sendal jepit saat sedang mengendarai motor. Kabar ini menjadi viral setelah Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menyatakan kalau sangat berbahaya untuk menyetir menggunakan alas kaki seadanya, karena sendal jepit nggak bisa melindungi kaki.

Eits, tapi ternyata nggak cuma sepeda motor aja nih, ternyata memakai sendal jepit saat menyetir mobil juga nggak dianjurkan sob!

Memang nggak atau belum ada aturan tertulis mengenai hal ini, tapi kadang-kadang, tanpa diduga-duga sandal jepit juga bisa nyangkut saat kita menginjak gas atau rem.

Berbicara mengenai hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan nggak ada aturan spesifik mengenai larangan ini.

Namun, ia nggak merekomendasikan penggunaan sendal jepit untuk keselamatan karena teksturnya yang lentur bisa membuat sendal tersangkut di pedal gas, kopling, dan rem, terlebih saat melakukan injakan mendadak.

Baca Juga: Naik Motor Pakai Sendal Jepit Bakal Ditilang tapi Belum Ada Dendanya!

"Prinsip safety dalam berkendara harus full gear tidak boleh asal pakai sendal. Risikony bisa mengakibatkan cedera berat," tutur Sonny melansir dari Kompas.com.

Bahan dasar sendal jepit yang terbuat dari karet dan nggak solid bukannya malah nyaman tapi malah bikin ribet. "Jika posisi kaki berpindah dari pedal gas, kopling, atau rem tapak bagian belakang bisa nyangkut," imbuh Sonny.

Terlebih lagi saat kondisi jalan sedang licin pada musim hujan, kaki yang basah serta grip sendal jepit yang rentan licin bisa menyebabkan kaki terpeleset.

"Bedanya kalau nyetir pakai sepatu jari-jari kaki terbungkus. Jadi risiko selip dan kaki terpeleset saat berpindah menginjak pedal bisa di minimalisir," tukas Sonny.

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest