Follow Us

Nggak Mau Harimu Buruk, Bikin Deh Porsi Sarapan Ideal Menurut Dosen Gizi IPB

Al Sobry - Jumat, 17 Juni 2022 | 09:46
Sandwich for breakfast
Restaurant clicks

Sandwich for breakfast

HAI-Online.com - Ada banyak pilihan menu sarapan untuk perut orang Indonesia, mulai dari bubur ayam, lontong sayur, nasi uduk atau buah-buahan, roti dan segelas susu.

Baca Juga: Nggak Pernah Nonton Konser Seumur Hidup, Hanin Dhiya Mau Kalo Diajak!

Tubuh yang nggak diisi sarapan bakal merasa lemas karena defisit energi. Terlebih jika orang tersebut membutuhkan banyak energi untuk menjalani aktivitasnya.

"Kurang lebih orang itu kan tidur normal biasanya 8 jam tidak makan sama sekali seperti orang berpuasa. Jika tidak sarapan, kita akan makan lebih banyak saat makan siang," jelasnya seperti HAI kutip dari KompasTV, Jumat (17/6/2022).

"Sehingga ada risiko akan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan nantinya akan berisiko untuk penyakit lainnya," lanjutnya.

Menurut Karina, porsi sarapan juga perlu diperhatikan lagi kalo mau mencapai ideal. Untuk diketahui tiap orang memiliki porsi sarapan dan menu yang berbeda.

Baca Juga: Bolehkan Minum Kopi di Pagi Hari sebelum Sarapan saat Perut Kosong?

Ia menjelaskan terdapat porsi ideal yang harusnya ada dalam menu sarapan yaitu:

1. Mengandung 25 persen hingga 30 persen dari total kebutuhan asupan gizi dalam sehari. Artinya sarapan nggak harus seperti makan siang atau malam cukup 1/4 porsi saja.

2. Kandungan gizi pada menu sarapan mencakup sumber karbohirat, protein dan sumber lemak yang sehat dan sejumlah serat.

Kalo mau dicontohkan, sarapan dengan sepotong roti gandum isi telor mata sapi, sedikit butter atau potongan alpukat, tomat dan salada ditambah segelas susu sudah bisa memenuhi kebutuhan energi sampai jam makan siang.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest