Follow Us

Masih Galau Nentuin Perguruan Tinggi Swasta? Ini 6 Tips yang Memudahkan Lo Dalam Memilih PTS

HAI Internship - Rabu, 15 Juni 2022 | 09:30
Jangan Pandang Sebelah Mata Kampus Swasta
Dias/HAI

Jangan Pandang Sebelah Mata Kampus Swasta

HAI-ONLINE.com - Bagi siswa yang telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas, melanjutkan perguruan tinggi memang menjadi sasaran utamanya.

Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi impian bagi sebagian besar orang, lo juga bisa memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk melanjutkan pendidikan kuliah.

Meski nggak masuk PTN, lo juga harus tetap berbangga bisa masuk ke PTS yang lo idamkan karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mencari tahu PTS apa saja yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi, HAI telah merangkum tipsnya. Yuk disimak!

  • Akreditasi kampus dan program studi

Bukan hanya PTN saja yang memiliki akreditasi, PTS juga punya lho! Akreditasi ini menjadi suatu standarisasi mutu sebuah kampus yang dapat menunjukkan seberapa tinggi citra lulusannya. Semakin tinggi akreditasi sebuah kampus, maka para lulusannya pun akan memiliki cita yang tinggi.

Buat lo yang mau cari tahu tentang informasi akreditasi kampus, lo bisa mengakses dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di laman https://www.banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php. Jadi pilih yang memiliki akreditasi baik ya!

  • Peringkat kampus

Hal yang harus lo perhatikan selanjutnya adalah peringkat kampus. Meski sudah melihat akreditasi, lo bisa mempertimbangkan kampus dari hasil peringkatnya. Seringkali banyak siswa cukup abai terkait peringkat kampus, padahal justru hal ini cukup penting karena sangat berguna ketika lo mau melamar beasiswa S2 keluar negeri.

Contoh peringkat itu adalah Kemenristekdikti, Webometrics, QS World University Rankings, THE World University Rankings, 4ICU dan lainnya.

  • Biaya kampus

Pertimbangan yang paling besar adalah biaya kampus. Memang pada dasarnya biaya kuliah di PTS akan lebih tinggi dibandingkan dengan PTN dan hal itu biasanya yang menjadi alasan banyak orang menyerbu PTN.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest