Follow Us

Catet Nih, Peluang Daftar SMUP Sarjana Jalur Prestasi Masih Terbuka

Tanya Audriatika - Minggu, 12 Juni 2022 | 09:39
Universitas Padjajaran (Unpad)
Wikimedia

Universitas Padjajaran (Unpad)

HAI-Online.com - Universitas Padjadjaran masih buka kesempatan pendaftaran mahasiswa baru lewat SMUP Sarjana Jalur Prestasi. Pendaftarannya bisa dilakukan hingga 30 Juni 2022.

“Peserta mendaftar online secara mandiri di website SMUP setelah itu baru kita lakukan verifikasi dokumen secara daring maupun luring,” ujar Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, M.Sc., Ph.D dalam “Ayo Kenal Unpad” yang digelar secara daring, Jumat (10/6/2022).

Anas menjelaskan, penilaian dokumen prestasi ini akan dilihat dari level penyelenggara kompetisi, jens medali prestasi, indeks jenis prestasi, nilai UTBK, dan hal penting lainnya.

“Selain itu akan dilakukan verifikasi faktual melalu portofolio prestasi yang telah adik-adik masukan,” jelas Anas, dilansir dari laman Unpad, Sabtu (11/6/2022).

Jenis prestasi yang diterima fokus dalam empat bidang, yakni ada prestasi sains, seni, olahraga, serta penghafal kitab suci atau prestasi keagamaan lainnya.

Prestasi ini didapat dari penyelenggaraan kompetisi dari sejumlah lembaga ternama di level nasional atau internasional.

Baca Juga: Lulus 3,5 Tahun dengan IPK Nyaris Sempurna, Teguh Ammar Taqiyyuddin Jadi Wisudawan Terbaik Unpad

Wakil Ketua Pelaksana Ujian Online SMUP, Inu Isnaeni Sidiq, M.A., Ph.D mengatakan bahwa Jalur Prestasi ini hanya diperuntukan buat peserta yang lulus SMA di tahun 2022.

Seleksi yang dilakukan berdasarkan gabungan prestasi non akademik dan kemampuan akademik.

“Memang prestasi mendapatkan penekanan yang lebih besar daripada nilai akademik, tetapi tetap kita mau menjaga supaya SDM yang masuk ke dalam Unpad itu nggak cuman lewat prestasi non-akademik aja, tetapi juga dia bisa mengikuti kegiatan akademiknya juga sehingga dia memiliki keseimbangan antara prestasi akademik dan non akademik,” jelas Inu.

Inu menambahkan, mahasiswa jalur prestasi akan terus dilakukan pembinaan dan diharapkan mereka dapat berkomtitmen untuk mau berkontribusi untuk peningkatan prestasi kemahasiswan Unpad.

“Mari bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan prestasi kemahasiswaan unpad di level nasional dan internasional,” ajak Inu.

Informasi lengkap mengenai SMUP Jalur Prestasi ini dapat dilihat di laman SMUP. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest