Follow Us

Mau Ke Konser Paduan Suara? Nih, Tiga Hal yang Wajib Lo Tahu!

Theniarti Ailin - Rabu, 08 Juni 2022 | 18:41
Batavia Madrigal Singers dalam press conference, Selasa (7/6) di Balai Kertangera, Jakarta Selatan.

Batavia Madrigal Singers dalam press conference, Selasa (7/6) di Balai Kertangera, Jakarta Selatan.

HAIOnline.com - Rasanya, akhir-akhir ini kita sudah diramaikan dengan banyaknya konser, gigs, dan festival yang bertebaran. Namun, nggak cuma konser musik pop atau K-pop, tapi juga ada nih, konser paduan suara!

Mungkin, sebagian dari lo asing atau nggak familiar untuk datang ke konser semacam Paduan Suara. Padahal, sebenernya nontonin konser Padus seru juga lho! Mulai dari liatin koreonya, sampai nikmatin naik-turunnya nada yang mereka ambil.

Formasi di Setiap Lagu Pasti Ganti-Ganti

Meskipun kelihatannya mereka nyanyi sambil beridiri dan diam di panggung, sebenearnya mereka harus gonta-ganti formasi di tiap lagunya lho. Hal ini dilakukan bukan semata-mata biar nggak bosen aja, tapi ada alasannya.

"Kemungkinan, saya bisa menaruh sopran dan tenor lebih jauh, atau juga lebih deket. Itu faktor akustik dan kalau misalnya ada banyak kanon, komposisi itu efeknya akan seperti surround," jelas Avip Priatna dalam press conference persiapan Batavia Madrigal Singer.

Kalau ada chord atau harmoni yang membutuhkan ketelitian di mana, kalau misalnya terlalu jauh, dia tidak bisa kontrol.

Baca Juga: Dua Tahun Ditunda, Batavia Madrigal Singers Siap Bersaing European Grand Prix for Choral Singing 2022

Biasanya, Dibagi Menjadi 3 Babak

Karena nggak mungkin nyanyi 10 lagu sekaligus tanpa bridging, jadi kebanyakan konser Paduan Suara selalu membagi konser mereka menjadi 2-3 babak.

Selain itu, nggak semua lagunya pakai instrumental. TerkadangKalau nggak dibagi jadi 3 babak, di lagu terakhir kayaknya suara mereka bisa habis duluan, sih.

Konduktor Mengawali Penampilan dengan Ngambil Nada dari Piano

Jangan bingung kalau misalnya konduktor atau pianis menekan satu tuts piano sebelum lagu dimulai. Hal ini berguna agar penyanyi bisa menyesuaikan nada dan nggak ngasal nembak nada pas lagu mulai.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest