Follow Us

Mengatasi Rambut Gondrong yang Sering Kusut, Begini Caranya!

Dok Grid - Selasa, 07 Juni 2022 | 09:04
Rambut Gondrong

Rambut Gondrong

HAI-Online.com - Punya rambut gondrong yang sehat tentu harus diimbangi dengan rajin merawatnya.

Nah, salah satu masalah yang sering dialami pemilik rambut gondrong adalah rambut kusut. Pastinya nggak mau dong kekusutan di rambut memengaruhi kepercayaan diri dalam penampilan?

Dilansir dari Healthline (25/11/2019), pemicu atau penyebab yang kerap bikin rambut semakin kusut adalah rambut kering, masalah ini dipicu karena sering menggunakan sampo yang bersifat basa, memakai produk gel penata rambut, atau sering menggunakan produk yang mengandung alkohol dan sering memakai alat catok rambut, juga pengering.

Untuk itu kamu perlu tahu juga, rambut yang sehat seharusnya bagaimana. Masih dari situs yang sama, rambut sehat itu biasanya memiliki tingkat pH asam, yang berkisar antara 4,5 dan 5,5.

Nah, saat keseimbangan pH rambut berada dalam kisaran ini, kutikula bakal tetap tertutup dan rata. Saat rambut menjadi terlalu basa, kutikula bisa terbuka, memberikan tampilan keriting, bahkan yang lebih parah kering sampai ke kulit kepala.

Makanya, ada sejumlah tips sederhana merawatnya, yang semua itu bisa dilakukan di rumah. Cara-cara ini bakal bikin rambut kamu jadi lebih halus dan mengembalikan kelembaban rambut.

1. Balikin Asam Rambut Pakai Cuka sari apel

Karena udah tahu kondisi rambut sehat itu ada di pH berapa, maka penggunaan cuka sari apel yang mengandung asam alfa hidroksi yang rasanya sedikit masam akan bagus mengembalikan kelembaban rambut kita.

Ketika dioleskan ke rambut, mungkin bahan ini akan bermanfaat untuk menjinakkan rambut kusut, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.

Pasalnya cuka sari apel juga dapat membantu menghilangkan residu produk, yang dapat membuat rambut tampak lebih berkilau.

Sebagai bonus tambahannya, cuka sari apel juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Ini dapat membantu mengurangi ketombe kamu. Namun soal ini, jujur belum ada penelitian yang mengkonfirmasi hal tersebut namun layak dicoba.

Cara memakai cuka apel dirambut:

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest