Follow Us

Viral Mesin Nikuba; Alat Pengubah Air Jadi Bahan Bakar Ternyata Misleading

Al Sobry - Senin, 23 Mei 2022 | 12:11
Meisn Nikuba

Meisn Nikuba

Dikutip dari Otogrid, Misel menyebut alat temuannya itu be nama Nikuba alias Niki Banyu. Niki banyu dalam bahasa Jawa berarti "ini air". Baca Juga: NCT Dream Sambangi Wahana KKN di Desa Penari, Badarawuhi Trending Lagi

Yap, mesin Nikuba ini diklaim dapat mengubah air menjadi energi mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine, ICE) di kendaraan motor atau mobil.

Yang lebih hebohnya lagi, 1 liter air yang diubah jadi BBM sanggup untuk membakar energi hinggal 500 KM, diklaim super duper hemat.

Bertolak dengan itu, Dr. Ing. Ir. Tri Yuswidjajanto Zaenuri, seorang Ahli Motor Bakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan hal tersebut merupakan info misleading.

Sehingga pria yang akrab disapa Prof Yus ini perlu meluruskan pemahaman terhadap air sebagai bahan bakar.

"Alat (Nikuba) itu sebenarnya menggunakan energi gas HHO, bukan H2 murni," jelas Prof Yus.

"HHO (Hidrogen Hidrogen Oksigen) juga disebut sebagai gas Brown," imbuhnya membedakan senyawa Dihidrogen Oksida atau H2O.

Prof Yus menekankan alat pengubah air menjadi H2 atau HHO (hydroxide) yang disebutnya itu malah tidak bisa menggantikan bahan bakar sepenuhnya untuk konstruksi mesin internal combustion.

Ia menjelaskan, agar air bisa dipakai menjadi bahan bakar perlu proses elektrolisis.

Dalam proses elektrolisis itulah unsur kimia air H2O dipecah sampai menghasilkan H2. Energi pemprosesnya juga terbilang berbiaya mahal.

Mesin Nikuba di motor TNI

Mesin Nikuba di motor TNI

"Butuh energi sebesar 180 MJ/kg untuk memproses elektrolisis air menghasilkan H2 sebanyak 1 kg untuk sampai bisa digunakan energi pembakaran," terang Prof Yus.

Editor : Al Sobry

Latest