Follow Us

Buat Mahasiswa Teknik, Coba Deh Belajar Pake Lima Metode Ini!

Tanya Audriatika - Sabtu, 07 Mei 2022 | 18:40
Ilustrasi Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta
sipil.pnj.ac.id

Ilustrasi Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

HAI-Online.com - Cabang dari Fakultas Teknik ini emang banyak banget macamnya, ada jurusan Teknik Sipil hingga Teknik Industri.

Nah, nggak bisa dipungkiri juga kalau milih jurusan Teknik ini butuh perjuangan ekstra karna tugasnya yang beragam dan ada kuliah praktik.

Buat mengatasi masalah itu, ada nih lima metode pembelajaran yang bisa lo terapin. Metode pembelajaran ini nggak cuman mempermudah dalam melakukan aktivitas belajar, tapi juga bisa meningkatkan fokus dan kualitas belajar.

Melansir dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas), inilah lima metode pembelajaran yang bisa lo terapin, wahai mahasiswa fakultas teknik!

Teknik Pomodoro

Teknik ini diambil dari bahasa Italia yang artinya tomat. Teknik ini dikembangkan mahasiswa bernama Francesco Cirillo tahun 80an.

Teknik Pomodoro bisa jadi solusi manajemen waktu dan teknik fokus buat lo yang punya tugas banyak tapi merasa kekurangan waktu. Teknik ini cukup sederhana, lo cuman perlu bekerja selama 25 menit, kemudian beristirahat selama 5 menit.

Baca Juga: ITS Keluarkan Prodi Teknik Lepas Pantai, Beda dari Teknik Kelautan

Siklus ini diulang sebanyak 4 kali, setelah 4 siklus terlewati lo bisa beristirahat lebih lama, yakni sekitar 15-20 menit.

Teknik ini dirancang agar mudah diimplementasikan dan memberi hasil yang maksimal dari segi produktivitas. Mahasiswa cuman perlu menyiapkan timer dan daftar tugas untuk menerapkannya.

Biar makin fokus, mahasiswa juga harus mengatur ruang belajar senyaman mungkin agar dapat meningkatkan mood serta memberikan konsentrasi penuh terhadap tugas yang akan diselesaikan.

Halaman Selanjutnya

Teknik Feynman
1 2 3

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest