Follow Us

Begini Cara Lawan Stres Berat di Semester Akhir ala Mahasiswa UAD

Tanya Audriatika - Jumat, 15 April 2022 | 15:00
Ilustrasi stress
iStockphoto

Ilustrasi stress

HAI-ONLINE.COM - Kesehatan fisik maupun psikis menjadi faktor yang memungkinkan buat lo untuk hidup produktif.

Sebagai mahasiswa, stres bisa muncul salah satunya akibat tuntutan akademis yang harus dihadapi.

Dalam acara obrolan inspirasi Kita Talk episode 48, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengusung tema “Melawan Stress di Semester Atas”.

Nah, dua mahasiswa prodi Psikologi UAD angkatan 2017, Risdatul Rahmah dan Hindriyati Muhamat ditunjuk menjadi narasumber acara tesebut.

Hindri memaparkan kalau mahasiswa semester akhir biasanya akan lebih fokus untuk menyelesaikan skripsi.

“Pada masa ini waktu luang lebih banyak karena jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) sudah berkurang. Sehingga kesempatan ini biasanya saya manfaatkan untuk mencari referensi tugas akhir dan mencari lowongan magang maupun pekerjaan,” papar Hindri, dilansir dari laman UAD, Selasa (12/4/2022).

Menurut Hindri, stress muncul karena adanya tekanan yang di dapat dari luar, sehingga berisiko terhadap mental dan fisik

Keadaan ini bisa berdampak pada stress yang membuat diri nggak bersemangat, pola hidup yang terganggu sampai kurangnya motivasi diri.

Baca Juga: Ubah Stres Jadi Fresh, Yuk Self Healing Pakai Ini...

Biasanya kekhawatiran yang muncul di semester akhir adalah saat sidang skripsi, karena tanpa disadari saat menghadap dosen penguji ada suatu hal yang membuat lupa karena terlalu panik atau cemas.

Atau ketika menentukan rencana ke depan yang akan dilakukan nantinya. Selain mengerjakan skripsi, Hindri juga mengikuti latihan silat secara rutin.

“Bagi saya, melakukan hal yang kita sukai menjadi obat yang ampuh saat jenuh menyelesaikan skripsi. Namun, perlu diingat kita harus bisa membagi waktu antara keduanya,” tambahnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular