Follow Us

Member Nirvana, Pearl Jam, dan Soundgarden Bersatu dalam 3rd Secret!

Reinaldy Royani - Rabu, 13 April 2022 | 10:05
3rd Secret, supergrup yang didirikan eks member Nirvana dan Soundgarden, member Pearl Jam, dll
Loudwire

3rd Secret, supergrup yang didirikan eks member Nirvana dan Soundgarden, member Pearl Jam, dll

HAI-ONLINE.COM - Para ikon grunge Seattle membentuk supergrup yang beranggotakan bassist Nirvana, Krist Novoselic, gitaris Soundgarden, Kim Thayil, dan drummer Pearl Jam/Soundgarden/Temple of the Dog, Matt Cameron.

Band ini bernama 3rd Secret. Dan yang paling mengejutkan, tanpa pengumuman apa pun mereka merilis debut album Senin lalu (11/4/2022).

Selain Novoselic, Thayil, dan Cameron, formasi 3rd Secret juga diperkuat gitaris Jon Dupree dari band hardcore 80an, Void dan rekan Cameron di band alternative metal Hater, vokalis Jillian Raye yang merupakan rekan satu bnd Krist Novoselic di band Giant in the Trees, dan Jennifer Johnson.

Album ini diberi nama ‘3rd Secret’ atau biasa disebut self-titled dan memiliki 11 lagu di dalamnya.

Dengan adanya personel dari Nirvana, Soundgarden, dan Pearl Jam, style dari album ini sudah pasti terpengaruh dengan sound grunge yang sangat kental namun juga terdapat bumbu alternative-rock, indie rock, folk, hard rock, dan blues di dalamnya.

Baca Juga: Gitaris Kim Thayil Konfirmasi Adanya Kemungkinan Reuni Soundgarden!

Nomor seperti ‘Dead Sea’ dan ‘Winter Solstice’ menggunakan sentuhan gitar akustik yang mengesankan, sementara pengaplikasian akordion pada ‘Right Stuff’ menambah kesan teatrikal.

‘Diamond in the Cold’ didapuk menjadi anthem rock yang powerful. Ditambah dengan hadirnya ‘Lies Fade Away’ dan ‘I Choose Me’ yang menonjolkan sisi warisan grunge dari ketiga membernya yang besar di era tersebut.

Proses rekaman album self-titled ini terbag menjadi tiga sesi yang juga dibantu oleh Jack Endino yang mengerjakan mixing dan dulunya telah berkolaborasi dengan Nirvana dan Soundgarden.

Album perdana 3rd Secret ini dirilis secara independent dan untuk saat ini hanya tersedia dalam format digital yang bisa dinikmati via Spotify, YouTube, dan bisa dibeli di Amazon.

Mereka belum mengkonfirmasi adanya kemungkinan merilis album ini dalam format fisik. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest