Follow Us

Hati-hati Salah Duduk, Begini Cara Berboncengan Motor yang Benar

Dok Grid - Kamis, 07 Maret 2024 | 12:15
Ilustrasi naik motor berboncengan
via Kompas.com

Ilustrasi naik motor berboncengan

HAI-Online.com - Ketika melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor, ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan, salah satunya posisi ketika keduanya sedang berboncengan.

Posisi berboncengan tidak boleh salah, karena bisa membuat keselamatan si pengendara dan penumpang menjadi terancam.

Berkaca dari hal tersebut, Adi 'Jotos' Sucipto selaku Instruktur PT. Wahana Makmur Sejati untuk main dealer produk motor di Jakarta memberikan tips berboncengan yang nggak cuma nyaman, tapi juga baik dalam segi keamanan.

Menurut keterangan Adi, posisi berboncengan yang paling aman adalah si pembonceng memeluk pinggang dari si pengendara.

Baca Juga: Arti Sebenarnya RPM Yang Ada Di Tachometer Motor atau Mobil

"Posisi paling aman itu justru adalah posisi yang dibonceng memeluk mesra pengendaranya," ujar Adi seperti yang dikutip HAI dari GridOto.

Lebih lanjut, Adi menjelaskan bahwa dengan posisi ini, gerak tubuh pembonceng bisa mengikuti si pengendara, sehingga motor yang dikendarai bisa tetap seimbang ketika berada di tikungan.

"Maksudnya mesra disini adalah yang dibonceng harus mengikuti orang yang mengendarai motor. Misalnya saat menikung badan dari yang dibonceng juga harus ikut yang bawa motornya, supaya tetap seimbang," tambah Adi.

Selain memperhatikan posisi ketika berboncengan, Adi juga meminta si pembonceng untuk juga mengenakan perlengkapan safety riding karena apabila terjadi kecelakaan, orang di belakang biasanya mengalami luka paling parah.

"Karena kalau kecelakaan itu biasanya yang cedera lebih parah justru yang dibonceng juga. Makanya yang dibonceng juga harus dibekali perlengkapan riding yang aman seperti ridernya," tutupnya.

Nah, sekarang udah tahu kan sob? Langsung aja deh diikutin tipsnya supaya bisa berkendara dengan nyaman dan aman. (*)

Editor : optimization

Baca Lainnya

Latest