Follow Us

Demi Dewa 19 Rekaman Album Pertama, Produser Rela Jual Mobil BMW Pribadi

Alvin Bahar - Jumat, 25 Maret 2022 | 20:05
Personel Dewa 19 di awal terbentuk (Harun paling kiri)
instagram.com

Personel Dewa 19 di awal terbentuk (Harun paling kiri)

HAI-Online.com - Sahabat SMA Ahmad Dhani, Harun, menjadi produser pertama Dewa 19 sekaligus ada andil dalam mendanai rekaman album pertama band tersebut.

Sosok yang berjasa bagi Dewa 19 ini menceritakan kalo masuknya Dewa 19 ke dapur rekaman itu sangat penuh perjuangan.

Harun yang pernah sekelas dengan para personel Dewa 19 di SMAN 2 Surabaya itu mengatakan sepulangnya dari Jerman, dia menanyakan kepada Ahmad Dhani kenapa nggak rekaman.

Menurut Ahmad Dhani, dia lagi menunggu janji dari kakaknya Dadang S. Manaf untuk rekaman tapi tak kunjung tiba. Sontak mendengar hal tersebut, Harun menanyakan kembali apa yang diperlukan untuk bisa rekaman.

"Emang perlu apa sih Dhan? Ya perlu duit, gimana kalo gue yang produserin. Gue pikir lo udah punya produser. Dia bilang, yaudah oke," tuturnya mengingat kejadian saat itu.

Saat itu juga Harun modalin segala persiapan Dewa 19 pas awal karier. Bisa dibilang jasanya sangat besar bagi band asal Surabaya tersebut.

Namun, saat modalin Dewa 19, Harun mengaku sedang mengalami krisis keuangan karena habis tertipu sekitar Rp300 juta karena bisnis kontraktor pada waktu itu. Tetapi, dia tetap ingin modalin Ahmad Dhani cs gimana pun caranya.

Baca Juga: Ceritain Proses Bikin Materi Demo Dewa 19 di Kamarnya, Wawan Juniarso: Ya Berisik, Tetangga Akhirnya Ngomel-ngomel Datengin Orang Tua Gue

Akhirnya pada saat itu ia masih memiliki 11 lembar travel check (lembaran check) yang merupakan sisa uang terakhirnya. Langsung aja 11 lembar tersebut dijadikan modal untuk rekaman album pertama Dewa 19, yang menurutnya bernilai Rp11 juta.

Ketika sudah ada modal, dia bersama Ahmad Dhani pergi ke Jakarta untuk menemui label rekaman. Sayangnya, label yang mau menaungi Dewa 19 itu bangkrut dan ketemu salah seorang pihak label, Iyan Juhana, yang saat itu memiliki label rekaman lain.

Iyan mengatakan Team Records ini sayangnya nggak punya uang lagi buat promosi. Alhasil, Harun menjual mobil BMW-nya untuk modal promosi Dewa 19. Saat itu harga jual mobilnya senilai Rp80 jutaan.

"Gue waktu SMA punya dua mobil, beli sendiri. Nah, gue bilang sama Pak Iyan, 'Yaudah saya jual BMW saya Pak Iyan'. Nah 50 juta itulah yang dipake buat biaya promosinya Dewa, diluar yang 11 juta," ungkap Harun di YouTube Wawan Juniarso.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest