Follow Us

Pentingnya Remaja Punya Growth Mindset Buat Meraih Kesuksesan di Masa Depan

Alvin Bahar - Rabu, 23 Maret 2022 | 15:06
Leadership Development yang pada tahun ini digelar secara virtual berisikan serangkaian materi guna mengasah softskill para Beswan Djarum. Selain Design Thinking for Writers tema lain yang diangkat adalah Gritty Leadership dan Public Speaking 4.0.
Djarum Foundation

Leadership Development yang pada tahun ini digelar secara virtual berisikan serangkaian materi guna mengasah softskill para Beswan Djarum. Selain Design Thinking for Writers tema lain yang diangkat adalah Gritty Leadership dan Public Speaking 4.0.

HAI-ONLINE.COM - Kata "mindset" pastinya udah sering lo denger. Mungkin juga lo punya mindset tersendiri soal hidup.

Tapi, tau nggak kalo ada yang namanya fixed mindset dan growth mindset?

Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma menekankan growth mindset merupakan pola pikir yang wajib dimiliki generasi muda bila ingin meraih kesuksesan di masa mendatang.

Berbeda dengan fixed mindset yang hanya bertumpu pada kemampuan dasar dan bakat semata, growth mindset justru mampu membuat seseorang lebih berkembang karena senantiasa menambah wawasan dan mau menerima saran serta kritikan dari orang lain.

“Bila orang dengan fixed mindset akan cenderung merasa gagal ketika dikritik serta nggak mau menerima masukan dan perubahan, orang-orang dengan growth mindset justru akan lebih tanggap terhadap perubahan dan permasalahan di sekitarnya. Mereka akan lebih tangguh karena mereka mampu mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan yang lebih kompleks,” tutur Galuh.

Galuh menuturkan hal tersebut dalam materi Gritty Leadership pada pelatihan Leadership Development Beswan Djarum 2021/2022.

Pelatihan yang diselenggarakan secara daring ini diikuti oleh 520 mahasiswa Beswan Djarum (penerima program Djarum Beasiswa Plus) angkatan 2021/2022 dari 90 universitas di Tanah Air.

“Generasi muda harus mampu mengembangkan growth mindset supaya nggak mudah menyerah dan terus berusaha meraih target sesuai dengan visinya. Salah satu cara menumbuhkan sikap ini ialah dengan menumbuhkan jiwa gritty leadership di dalam diri masing-masing,” jelas Galuh.

Galuh juga mencontohkan, penerapan gritty leadership bisa dilihat dari sosok Steve Jobs. Pendiri Apple tersebut memiliki visi untuk menciptakan personal computer terbaik di dunia.

Baca Juga: Mahasiswi Juara Writing Competition Beswan Djarum Ingin Mengurangi Limbah Plastik dan Limbah Medis

Melewati halangan dan rintangan, Steve tetap gigih memperjuangkan visinya hingga akhirnya melahirkan produk- produk luar biasa dan inovatif.

Perjuangan Steve Jobs tersebut hendaknya membuat generasi muda menanamkan gritty leadership di dalam diri. Anyway, pelatihan Leadership Development merupakan satu dari beberapa pelatihan soft skills yang diberikan kepada para penerima program Djarum Beasiswa Plus.

Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Competition Challenges, serta International Exposure.

Nggak hanya berhenti sampai di sini, melalui program Community Empowerement, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai pelatihan soft skills yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada.

Sejalan dengan pembekalan soft skills bagi Beswan Djarum, Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung sebagai Beswan Djarum angkatan 2022/2023. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di www.djarumbeasiswaplus.org mulai 21 Maret 2022.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest