Follow Us

Intip Mobil Balap Listrik UNY Yang Bakalan Tampil di FESC IIMS 2022!

Tim Redaksi - Sabtu, 19 Maret 2022 | 12:52
Uji akselerasi mobil balap listrik Tim Garuda UNY.
Dok. Laman UNY

Uji akselerasi mobil balap listrik Tim Garuda UNY.

HAI-ONLINE.com - Bagi kalian pecinta mobil balap listrik, intip salah satu mobil listrik inovasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bakal ikut ajang Formula Electric Student Competition Indonesia International Motor Show (FESC IIMS) 2022, April mendatang.

Ajang itu menuntut mahasiswa untuk membuat karya berupa mobil dengan konsep formula electric. Namun, dalam pengembangan mobil formula electric, banyak tantangannya.

Tidak hanya pada aspek efisiensi, namun juga harus mampu melaju dengan cepat tanpa melupakan aspek keamanan sekaligus ramah lingkungan.

Tim UNY mengembangkan Garuda Electric Vehicle-22 atau Garuda EV-22 untuk kegiatan ini. Mobil ini merupakan mobil balap bertenaga listrik untuk masa depan yang:

  • berdesain menarik seperti mobil formula one
  • memiliki sistem keamanan tingkat tinggi
  • ergonomis
  • mudah dikontrol
  • ramah lingkungan
  • powerfull
Melansir dari Kompas.com, Jumat (18/03/2022), Manager Tim Garuda UNY, Kesit Bayu Purnomo mengatakan kalau keamanan dan kenyamanan merupakan faktor penting dalam sebuah mobil balap. Karena itulah Garuda EV-22 dilengkapi 5 point seatbelt untuk memastikan keamanan pengemudi di track.

Baca Juga: Bisa Buat Obatin Stress, Ini Es Krim Sayur Buatan Mahasiswa UNY, Manfaatnya Banyak!

"Selain itu, pada sistem kelistrikan digunakan catu daya HVTS dan LVIS untuk memastikan bahwa setiap komponen mendapatkan tegangan sesuai kapasitasnya," ujarnya dikutip dari laman UNY, Kamis (17/3/2022).

Untuk memastikan kenyamanan pengemudi, kendaraan dirancang dengan ergonomic driver seat. Adjustable pedal box dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan sesuai kondisi fisik pengemudi.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif UNY itu menjelaskan kalau Garuda EV-22 juga dilengkapi dengan steering wheel yang memiliki sudut dengan mempertimbangkan aspek ergonomi untuk mengurangi beban steering.

Berbeda dengan mobil gokart pada umumnya, Garuda EV-22 sudah dilengkapi suspensi tipe double wishbone sehingga getaran dan kejutan yang dihasilkan sangat minim. Selain itu, suspensi juga dirancang untuk memaksimalkan traksi ban pada permukaan jalan.

Kendaraan juga dilengkapi dengan controller untuk mengatur output daya motor listrik sesuai kebutuhan pengemudi.

Sementara Dosen pembimbing Tim Garuda UNY, I Wayan Adiyasa, M.Eng., mengatakan, mobil ini ramah lingkungan dan powerfull karena menggunakan baterai dengan kapasitas 72 V/64 Ah dan dapat menempuh jarak hingga 50 km.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest