Follow Us

Cita-Cita Lo Mau Jadi Pilot? Catet nih, 7 Sekolah Penerbangan di Indonesia

Tim Redaksi - Kamis, 10 Maret 2022 | 14:32
Pilot
Picasa

Pilot

HAI-ONLINE.com - Gaji seorang pilot setiap bulannya bisa dibilang tidak kecil, hal ini membuat profesi ini menjadi salah satu incaran.

Menjadi pilot profesional pun nggak boleh asal, harus melalui pendidikan di sekolah penerbangan untuk mendapatkan lisensi.

Nah, sebelum mengenal jauh soal pilihan sekolah penerbangan dan biayanya, simak dulu nih apa saja jenis lisensi pilot yang HAI udah rangkum berikut ini. Cekidot!

Baca Juga: Reza Rahadian Gagal Jadi Pilot dan Berenang, tapi Temukan Passion Baru di Usia Remaja

Lisensi Pilot

Kalo kalian niat masuk sekolah sekolah penerbangan buat jadi pilot, kamu perlu memahami beberapa istilah yang digunakan untuk lisensi pilot.

Istilah yang digunakan sekolah penerbangan antara lain Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), Instrument Rating (IR), dan Multi Engine (ME).

Berikut penjelasannya merangkum laman Quipper Campus, melansir dari Kompas.com, Rabu (9/3/2022):

Private Pilot License (PPL)

Pemegang lisensi ini hanya boleh menerbangkan pesawat dengan mesin tunggal untuk kepentingan pribadi atau non komersial. Selain itu, pemegang lisensi hanya boleh terbang di siang hari.

Commercial Pilot License (CPL)

Nah, kalau sudah memegang lisensi ini, barulah boleh menerbangkan pesawat komersial dan membawa penumpang. Namun, pemegang lisensi ini masih punya keterbatasan apabila belum memegang kualifikasi Instrument Rating (IR).

Halaman Selanjutnya

Instrument Rating (IR)
1 2 3 ... 5

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest