Follow Us

Kisah Tiga Mahasiswa Raih Prestasi Pencak Silat, Latihannya Online

Tim Redaksi - Selasa, 08 Maret 2022 | 10:10
Para pemenang Kejuaraan Internasional Pencak Silat Paku Bumi Open IX dari Universitas Pertamina.
(Dok. Universitas Pertamina)

Para pemenang Kejuaraan Internasional Pencak Silat Paku Bumi Open IX dari Universitas Pertamina.

HAI-ONLINE.com - Tiga mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Universitas Pertamina berhasil membawa pulang medali dari Kejuaraan Internasional Pencak Silat Paku Bumi Open IX.

Kejuaraan yang dilaksanakan offline ini diselenggarakan oleh Perguruan Pencak Silat Paku Bumi dari tanggal 25 sampai 27 Februari 2022 di GOR Futsal ITB Jatinangor, Sumedang.

Ketiga mahasiswa tersebut yakni Muhammad Feri Edo Ardiansyah yang meraih Juara 1 Tanding Kelas C Dewasa Putra, Muhammad Dafa Pramudya yang meraih Juara 2 Tanding Kelas A Dewasa Putra, dan Muhammad Maulana Juhdan yang meraih Juara 2 Tanding Kelas D Dewasa Putra.

Menariknya, prestasi ini mereka raih karena berhasil mengalahkan rasa mager selama kuliah online di rumah. Ketiganya memanfaatkan aplikasi pertemuan virtual dan terus konsisten buat latihan selama pandemi.

Bahkan, di tengah kondisi pandemi yang sudah berlangsung dua tahun terakhir, tim UKM Pencak Silat ini masih terus aktif ikut berpartisipasi dalam setiap event kejuaraan.

Baca Juga: Universitas Pertamina Buka Jalur Seleksi Nilai Rapor 2022, Tanpa Tes

Seringkali mereka menjadi juara. Dafa bercerita, persiapan ini sudah dimulai sejak satu bulan sebelum kejuaraan. Tim secara rutin melakukan latihan fisik dengan memanfaatkan aplikasi video conference.

“Dengan memanfaatkan teknologi seperti aplikasi video conference, atau menonton video latihan sederhana di media sosial, kita tetap bisa mendapatkan manfaat dari melakukan aktivitas fisik di luar ruangan," cerita Dafa.

Menurutnya, kunci kesuksesan ia menjadi juara adalah konsisten.

"Luangkan waktu sedikitnya 15 menit setiap harinya, atau minimal dua kali dalam seminggu, untuk berolahraga di rumah agar kesehatan selalu terjaga dan terhindar dari perilaku mager,” tutur Dafa lagim

Dukungan yang maksimal juga datang dari kampus, baik dari segi pembinaan maupun penyediaan alat latihan, hal ini diakui Dafa dan tim ini sangat membantu mereka untuk bisa latihan secara optimal.

"Latihan dilakukan hampir setiap hari dengan durasi rata-rata 30 menit per satu kali latihan. Barulah dua minggu sebelum kejuaraan, tim fokus pada materi yang akan dinilai dalam kejuaraan,” kata Dafa dalam keterangan tertulis Universitas Pertamina, Minggu (6/3/2022), melansir dari Kompas.com, Senin (7/3/2022).

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest