Follow Us

Nggak Punya Masa Kedaluwarsa, 5 Makanan Ini Bisa Disimpan Bertahun-tahun

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 31 Januari 2022 | 14:05
Sekilo beras
Bev Cooks

Sekilo beras

HAI-Online.com – Setiap makanan punya batas masa penggunaan yang aman atau masa kedaluwarsa. Nah umumnya, kedaluwarsa ini diukur dalam hitungan hari, bulan, dan tahun.

Jika makanan dikemas dalam bentuk makanan kemasan, para produsen makanan pasti mencantumkan expired date (ED) untuk mengetahui tingkat keamanan suatu produk untuk dikonsumsi.

Namun, tahukah kalian bahwa ada juga makanan yang ternyata nggak memiliki masa kedaluwarsa? Jadi, nggak masalah jika jenis makanan ini disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Merangkum laman Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), ada 5 jenis makanan yang nggak memiliki masa kedaluwarsa. Yuk kita simak penjelasannya.

Baca Juga: 8 Makanan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Kulit Kita, Durian Salah satunya...

  1. Madu
Rahasia di balik masa simpan madu yang abadi adalah kandungan gula alaminya yang tinggi. Selain itu madu juga bersifat asam, sehingga bakteri nggak memiliki kesempatan untuk berkembang biak.

  1. Pasta kering
Pasta kering mampu bertahan selama 2 hingga 3 tahun jika disimpan dengan cara yang benar.

Namun, tahukah kalian bahwa umur simpan pasta kering dapat diperpanjang hingga 8-10 tahun, jika tertutup rapat dan disimpan di wadah yang sejuk dan kering? Wah bisa sampai bertahun-tahun gitu, ya.

  1. Susu bubuk
Biasanya, susu sapi asli hanya bertahan sekitar 2 minggu ketika disimpan di lemari es. Namun nggak halnya dengan susu bubuk.

Susu kering penuh lemak mampu bertahan 2-5 tahun. Sedangkan susu kering tanpa lemak bisa bertahan hingga 25 tahun jika disimpan di lokasi yang sejuk dan kering.

Tapi ingat ya, ini hanya diperhitungkan untuk susu bubuk, bukan susu formula kering yang hanya bertahan selama 1 tahun.

Baca Juga: Yuk Biasakan 5 Cara Sederhana Ini untuk Meningkatkan Gaya Hidup Sehat Sepanjang 2022

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest