Follow Us

3 Pilihan Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Suka Musik

Dok Grid - Selasa, 27 Februari 2024 | 17:10
Foo Fighters di Summer Sonic 2017, Tokyo
Alvin Bahar

Foo Fighters di Summer Sonic 2017, Tokyo

Masih bingung mau kuliah di mana? Buat kita yang belum tahu ingin jadi apa di masa depan, memilih jurusan kuliah memang menantang. Kita bisa, lho, menanyakan ke diri sendiri, 'apa sih bidang yang selama ini kita sukai?' Siapa tahu hobi kita bisa jadi profesi seru di kemudian hari. Dan ternyata, seru untuk dipelajari. Misalnya 3 jurusan kuliah buat kamu yang suka musik ini. nggak perlu jauh-jauh, guys, semua jurusan kuliah ini ada di Indonesia!

Seni musik

Buat kita yang emang suka banget sama seni musik, jurusan kuliah satu ini memang boleh kita pertimbangkan. Tapi, jurusan ini membutuhkan kemampuan awal seperti bernyanyi dan bermain musik.

Nggak cuma belajar main musik dan latihan vokal lebih baik, kita juga bakal diajarkan tentang teori, komposisi, manajemen dan sebagainya. Universitas favorit untuk jurusan ini adalah, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Bisnis musik

Di balik konser keren, ada kerja keras para promotor. nggak cuma suka musik aja, ada ilmu yang harus kita tahu untuk bergerak di bidang ini.

Belum banyak yang tahu soal pendidikan bisnis musik ini. Padahal bidang seni pertunjukkan musik semakin berkembang di Indonesia. Di Indonesia ada banyak banget band, tapi sayang belum banyak yang tahu bagaimana cara mempromosikannya.

Apa lagi kalau berhubungan dengan urusan legal dan kontrak. Kalau dari sekarang kita udah seneng banget nge-band, atau udah terjun ke industri musik, suka bikin pentas seni (pensi) sekolah, bercita-cita jadi promotor, manager band, pemilik label rekaman, kuliah di jurusan bisnis musik ini bakalan cocok banget. Di Indonesia sendiri baru ada satu tempat kuliah untuk jurusan ini, yaitu di SAE Institute Jakarta.

Audio engineering

Jadi musisi nggak cuma dengan jadi penyanyi, band, atau orang di depan layar. Dalam proses rekaman musik, peran seorang audio engineer besar banget. Mereka adalah orang-orang yang mengolah suara yang dihasilkan musisi supaya terdengar semakin pas.

Seseorang dengan skill audio engineering bisa jadi, recording executive, studio manager, sampai music producer. Kita bisa mempelajari audio engineering ini di SAE Institute Jakarta. Seperti semua program yang ada di SAE Institute Jakarta, jurusan audio engineering ini juga Bachelor Degree-nya mendapat akreditasi dari Middlesex University, London, UK.

Editor : optimization

Latest