Follow Us

Jadi Gamers Jago Sejak SMP, Esport Bakal Jadi Ekskul di Sekolah?

Bagas Rahadian - Kamis, 25 November 2021 | 19:00
Ilustrasi atlet esport saat bertanding
Dok. Shutterstock

Ilustrasi atlet esport saat bertanding

HAI-Online.com - Pemerintah makin menaruh perhatian sama perkembangan esport di Indonesia. Pengurus Besar Esports Seluruh Indonesia (PBESI) bahkan merencanakan agar esport menjadi ekstrakurikuler di sekolah.

Melansir dari Nextren, Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PBESI, Ashadi Ang mengatakan hal tersebut dilakukan untuk membina atlet esports sejak dini.

Ia mengungkapkan, nantinya ekskul esports akan hadir mulai dari jenjang pendidikan SMP.

"Kita akan melakukan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta seluruh Kementerian terkait," ujarnya dalam acara Piala Presiden Esports 2021 - Media Talk II, Rabu (24/11).

Lebih lanjut, Ashadi Ang berpendapat apabila para siswa telah mempunyai pondasi, maka mereka dapat menentukan jenjang karirnya.

"Apakah saya ingin menjadi atlet? Atau saya ingin menjadi salah satu komponen dari sistem esports tersebut, salah satunya caster," ungkap Ashadi Ang.

Menurut Ashadi, ada banyak peluang karir di dunia esport selain menjadi atlet dan caster.

Kemudian setelah siswa lulus dari pendidikan akademik, mereka dapat bergabung dengan akademi esports yang dibuka untuk umum.

Baca Juga: Wakili Indonesia di Konser Virtual Global 12 Negara, Rizky Febian Bakal Tampil di Seiko MUSIC ROOM Malam Ini

Lewat akademi itu, para siswa dipersiapkan untuk mengikuti turnamen yang akan diadakan oleh pihak PBESI.

"Kita akan buatkan turnamen-turnamen untuk mereka bisa langsung mengikuti turnamen tersebut," terang Ashadi Ang.

Baca Juga: Tim Bull Esport dan Morph Team dari Indonesia Menang di Ajang Red Bull Mobile Esport Open Season 4 Final Regional Asia

"Training center ini berguna supaya calon atlet dapat memiliki satu tempat untuk melakukan latihan, termasuk nanti ke Pelatnas, Pelatda, dan sebagainya," terang Ashadi. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest