Follow Us

Aplikasi Music Player Legendaris Winamp Dibangkitkan Lagi, Bakal Beda Banget!

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 24 November 2021 | 18:35
Winamp
ANITH

Winamp

HAI-Online.com – Kalian masih inget sama Winamp media player, aplikasi pemutar musik yang sempat populer di akhir 90-an dulu, dengan fitur yang saat itu keren banget: bisa gonta-ganti tema.

Sayangnya karena kalah saing dengan para kompetitornya akibat gempuran musik streaming, Winamp dihentikan pengembangannya.

Nah, setelah beberapa kali upaya buat menghidupkan kembali aplikasi ini gagal, Winamp dikabarkan sedang dalam tahap pengembangan baru.

FYI, mengutip XDA Developers, sebelumnya Winamp memang dikembangkan dari 1997 hingga 2013 dengan v5.666.3516 sebagai versi terakhirnya.

Pada Oktober 2018, versi selanjutnya v5.8 sempat bocor dan Radionomy, pemilik Winamp yang saat ini dikenal sebagai Shoutcast pun akhirnya mutusin buat merilisnya untuk publik. Namun sejak saat itu nggak ada lagi pembaruan seperti yang dijanjikan Radionomy.

Baca Juga: Winamp Siap Balik Lagi ke Laptop dan PC Kamu, Bisa Nostalgia, Nih!

Kabar baiknya, mereka kembali mengumumkan penyegaran pada aplikasi musik sejuta umat ini sebagaimana diumumkan pada website Winamp yang kini udah didesain ulang jadi lebih fresh.

Meski mereka nggak menjelaskan secara detail soal bakal gimana aplikasi baru tersebut bakal jalan, proyek ini bisa jadi angin segar sebagai alternatif layanan streaming yang ada saat ini.

Menurut laporan XDA Developers, dalam salah satu keterangan di website-nya, Winamp bakal menyediakan “tempat unik untuk para kreator” yang akan “menghubungkan lebih dekat dengan [...] fans dan menghasilkan pendapatan yang lebih adil”.

Baca Juga: Spotify Kabulkan Permintaan Adele Supaya Album Barunya Nggak Bisa di-Shuffle

Sementara itu perusahaan induk Shoutcast dan Winamp, AudioValley mengatakan aplikasi baru tersebut bakal jadi “platform serba ada untuk audio enthusiast, yang akan menghubungkan kreator dengan penikmat musik, podcast, stasiun radio, audiobooks dan konten lainnya.

Source : xda-developers

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest