Follow Us

Mengenal Program D2 Jalur Cepat, Lulusan SMK Nggak Perlu Kuliah Buat Dapet Gelar Diploma?

Bagas Rahadian - Selasa, 23 November 2021 | 11:53
Suasan BIMTEK untuk penyelenggaraan D2 Jalur Cepat di Harris Hotel, Bekasi
Bagas/HAI

Suasan BIMTEK untuk penyelenggaraan D2 Jalur Cepat di Harris Hotel, Bekasi

HAI-Online.com - Apa rencana lo sehabis lulus SMK nanti? Mau langsung cari kerja boleh banget. Tapi, kudu diinget kalo ijazah atau sertifikat perkuliahan sebagai bukti kompetensi tetap lo butuhkan.

Banyak kasus, lulusan sekolah vokasi nggak pengen lama-lama duduk anteng di bangku kuliah untuk dapetin ijazah sebagai modal melamar kerja.

Di sisi lain, program Diploma 2, 3, dan 4 (yang setara sama Sarjana 1) kadang masih dianggap kelamaan durasinya untuk menghasilkan lulusan siap kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia industri saat ini.

Nah, hadir sebagai alternatif, Kemendikbudristek bakal membuka program bernama D2 fast track (jalur cepat). Apa itu?

Ini adalah program kerja sama antara para SMK, Perguruan Tinggi Vokasi (Politeknik) dan Industri, untuk menghantarkan para siswa SMK berkuliah selama hanya 3 semester untuk memperoleh gelar D2.

Dalam 3 semester ini, para lulusan SMK akan menempuh 1 semester belajar di kelas, dan 2 semester bekerja magang di industri.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto sendiri mengumpamakan, dengan keberadaan program D2 Jalur Cepat, para lulusan SMK jadi 'nggak perlu kuliah' untuk bisa dapet ijazah jenjang pendidikan berikutnya.

Baca Juga: Apresiasi Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek Gelar DUDI Awards 2021

"(Murid SMK) kini nggak harus kuliah. Tiga tahun di SMK plus 1,5 tahun sudah setara gelar diploma. Oleh karenanya namanya D2 fast track," kata Pak Wikan, dalam sesi bimbingan teknik D2 Jalur Cepat, Senin (22/11/2021).

"Jadi selesai SMK tiga tahun, langsung berkuliah semester 1 di Politeknik. Semester 2 dan 3 ke industri untuk kerja magang. Setelah magang, tinggal wisuda," lanjut Wikan.

Kemendikbudristek tengah merampungkan segala persiapan terkait program D2 Jalur Cepat, mulai dari perumusan kurikulum hingga pembentukan program studi, sampai tahun depan. Kuliah perdana sendiri ditargetkan mulai di Agustus 2022.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest