Follow Us

Inilah 8 Sekolah Kedinasan yang Dibuka Setiap Tahunnya, dari STAN hingga STIS

Ferry Budi Saputra - Senin, 22 November 2021 | 11:37
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

HAI-Online.com - Sekolah kedinasan menjadi salah satu pilihan favorit untuk para siswa menempuh pendidikan di jenjang berikutnya. Bukan tanpa sebab, karena rata-rata, peserta yang lolos langsung menjalani ikatan dinas.

Dalam hal ini, berarti setelah lulus dari Sekolah Kedinasan, kalian bisa langsung bekerja dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Perlu kalian ketahui nih, pendaftaran sekolah ikatan dinas di Indonesia dilakukan dalam satu portal, yakni milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sekolah Tinggi Kedinasan sendiri, merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan.

Baca Juga: Ikuti Nih Beasiswa Parsial Holland Scholarship untuk Jenjang S1-S2 di Belanda

Setiap tahunnya proses penerimaan untuk sekolah tinggi Kedinasan dimulai di waktu yang berbeda-beda. Biasanya, proses seleksi dimulai pada sekitar bulan April dan selesai di bulan Agustus atau September.

Nah, buat kalian yang memang berminat masuk sekolah kedinasan, ada nih 8 sekolah yang bisa kalian pilih. Melansir Kompas.com, informasi dari laman dikdin.bkn.go.id, berikut ini daftarnya.

1. STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan sekolah ikatan dinas di Indonesia yang pertama. Sekolah ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan.

Peserta didik dipersiapkan untuk bisa ditempatkan di berbagai instansi pemerintah yang tengah membutuhkan aparatur pengelola keuangan negara.

2. Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan HAM

Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kemenkumham, lulusannya bakal diterima jadi CPNS. Yaitu Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi.

3. Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest