Follow Us

Nicoline Patricia: Semua Teknik Fotografi Bisa Dipelajari Secara Otodidak

Alvin Bahar - Kamis, 18 November 2021 | 13:05
Nicoline Patricia saat memotret model
Dok. Lensa Academy

Nicoline Patricia saat memotret model

HAI-ONLINE.COM - Terbatasnya ruang gerak dan mobilitas selama pandemi tak membuat pelaku seni berhenti berkreasi dan mengekplorasi diri. Hal ini tercermin dalam virtual workshop fotografi bertajuk “World-Class Short Recipe” yang diselenggarakan pada Minggu, 14 November 2021.

Diikuti lebih dari 500 pegiat seni foto dari berbagai penjuru Indonesia, kegiatan ini merupakan episode keempat Lensa Academy 2021 yang digagas oleh Lensa Community guna memacu kreativitas para pecinta seni audio-visual dan melahirkan tren serta ide-ide baru.

Di episode keempat alias jilid pamungkas tahun ini, Lensa Academy menghadirkan fashion photographer kelas dunia Nicoline Patricia.

Dara kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini berbagi ilmu dan pengalaman seputar seluk beluk dunia fashion photography di panggung internasional.

Dalam workshop “World-Class Short Recipe” ini, Nicoline membagi pelatihan jadi dua sesi. Pada sesi pertama, dara yang mengawali kariernya di Belanda ini menguraikan seluk beluk fashion photography kepada para peserta. Di sesi kedua, Nicoline akan memberikan gambaran lebih utuh dengan menggelar Live On-Set, yakni praktik langsung pemotretan fashion photography bersama para model.

Menurut Nicoline, Lensa Community jadi salah satu motor penggerak bagi para pecinta fotografi agar terus berusaha menghasilkan karya yang terbaik.

Baca Juga: Belajar Coffee Brewing dan Mobile Photography Sambil Kenal Sejarah Kopi, Yuk!

Melalui workshop Lensa Academy, Nicoline juga optimis talenta-talenta fotografi di Indonesia semakin tergugah untuk membuat karya yang lebih kreatif.

“Dunia fotografi itu sangat luas. Sampai saat ini, saya pun masih terus belajar dalam bidang fotografi karena akan selalu ada ilmu baru. Terima kasih kepada Lensa Community yang membuat program yang menarik ini. Lewat workshop, mereka, khususnya para fotografer mempunyai wadah untuk proses bertumbuh dan berpikir kreatif. Mendengar insight fotografer lain juga merupakan pembelajaran berharga bagi kita,” kata Nicoline.

Dalam sesi workshop Lensa Academy episode 4, Nicoline membagikan pengalaman dan perjuangannya menggeluti bidang fashion photography. Menurut perempuan yang sempat tinggal dan belajar fashion di Belanda ini, semua teknik fotografi dapat dipelajari secara otodidak.

Yang terpenting bagi seorang fotografer adalah tekad dan kemauan yang nggak terhenti oleh hambatan sebesar apapun.

“Banyak fotografer yang ikut workshop karena ingin tahu fotografi secara teknis. Itu bagus, tapi kalau menurut saya semua pelajaran itu bisa didapat dari sumber manapun. Yang utama adalah rasa ingin tahu yang besar dan kemauan yang nggak tergoyahkan. Jika ada kemauan yang keras, pasti ada jalan,” terang Nicoline.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest