Follow Us

Mau Buka Usaha Pascapandemi? BukuWarung Siap Bantu Rapikan Uang Bisnis UMKM Jadi Nggak Berantakan dan Makin Siap Digital

Al Sobry - Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:06
Mau Buka Usaha Pascapandemi? BukuWarung Siap Bantu Rapikan Uang Bisnis UMKM Jadi Nggak Berantakan dan Makin Siap Digital
Sobry/HAI

Mau Buka Usaha Pascapandemi? BukuWarung Siap Bantu Rapikan Uang Bisnis UMKM Jadi Nggak Berantakan dan Makin Siap Digital

“UMKM merupakan ujung tombak pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi. UMKM pula yang nanti akan membawa Indonesia menjadi pemain ekonomi digital terbesar se-Asia Tenggara seperti yang ditargetkan pemerintah Indonesia. Untuk mewujudkan itu, BukuWarung percaya perlunya peningkatan kapabilitas UMKM melalui pemanfaatan teknologi,” papar Adi Harlim, Director of Merchant Experience BukuWarung, dalam acara virtual pada Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, aplikasi BukuWarung akan sangat membantu para pelaku UMKM di Indonesia dalam menjalankan dan menumbuhkan bisnisnya.

Memahami karakter UMKM di Indonesia, BukuWarung menawarkan solusi yang praktis, mudah dan gratis dengan mengedepankan pengalaman penggunaan yang simpel. Solusi berupa aplikasi BukuWarung ini memiliki fitur utama pencatatan keuangan digital untuk membantu pelaku UMKM memantau dan mengevaluasi bisnisnya,” terang Adi Harlim lagi.

Baca Juga: Inilah Ranking Kecepatan 5 Operator Seluler Indonesia, Siapa Juaranya? Dari sttudi internal yang dilakukan BukuWarung, ternyata masih banyak pelaku UMKM bidang ritel (pedagang) yang masih kesusahan mengatur catatan keuangan bisnis mereka, sampai rata-rata menghabiskan hingga 8 jam per minggu untuk pengelolaan transaksi penjualan, pengeluaran dan kredit secara manual.

"Proses tersebut cenderung membosankan, wasting time sehingga acapkali diabaikan. Selain itu, pencatatan manual juga punya risiko kesalahan yang tinggi dan rawan hilang/rusak. Ini bisa bikin pelaku UMKM melewatkan pembayaran dari pelanggan, bahkan mengakibatkan gagal bayar hingga 12 persen," katanya berlanjut dalam diskusi virtual bertajuk 'Bongkar Kunci UMKM Siapkan Bisnis Pascapandemi!' pada Kamis ini.

Sejalan dengan itu, Danu Sofwan, pemilik beberapa jaringan usaha (dulu memulai bisnisnya dari skala UMKM) serta penggiat UMKM Indonesia, juga menekankan evaluasi berkelanjutan dapat menjadi landasan kunci bagi UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

Baca Juga: Paham Literasi Keuangan untuk Pemuda Melalui Global Money Week: Youth Talks - Earn Hard Plan Hard “Evaluasi, atau dalam istilah Jepang dikenal sebagai Kaizen, merupakan perbaikan secara berkesinambungan. Dalam lingkup bisnis, untuk bisa melakukan itu perlu adanya data yang diambil dari pencatatan keuangan. Inilah yang kerap diabaikan oleh para pelaku UMKM. Padahal, scale up sebuah bisnis tanpa landasan pencatatan keuangan yang disiplin, justru bisa berpotensi merugi,” ungkap Danu di acara yang sama.

Menurut pemilik usaha Radja Cendol, dengan membuat pencatatan keuangan yang teratur, pelaku UMKM dapat mengetahui secara jelas setiap transaksi yang terjadi, untung yang diperoleh, termasuk mengetahui apabila terjadi kerugian.

"Catatan itulah yang menjadi dasar pelaku UMKM untuk melakukan evaluasi dan mengambil langkah strategis untuk mengembangkan bisnisnya kita juga jadi tahu bisnis yang dijalankan itu sehat atau tidak, bisa nggak untuk dikembangkan? Kalo kita punya datanya itu yang akan memudahkan jalan bisnis kita,” beber Danu lagi.

Dia juga mengingatkan lagi, pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnis mereka dan akan tidak sulit jalannya untuk mendapatkan akses pembiayaan, jika pengusaha punya laporan keuangan yang memperlihatkan keberlangsungan sebuah bisnisnya.

Ini semakin menegaskan peran penting pencatatan keuangan bagi pelaku UMKM.

Nah, menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut, BukuWarung menghadirkan solusi pencatatan keuangan usaha yang komplet; meliputi pembukuan transaksi usaha, serta pelaporan finansial berjangka (harian/mingguan/bulanan) - yang kemudian bisa digunakan untuk pengajuan permodalan.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest