Follow Us

Mau Jadi Penulis? Cek 5 Jurusan yang Bisa Mengasah Kemampuan Menulis Kamu

Ferry Budi Saputra - Rabu, 04 Agustus 2021 | 11:25
Kuliah dengan banyak menulis
iStockphoto

Kuliah dengan banyak menulis

HAI-Online.com - Bagi kalian yang memiliki hobi menulis, dan tentu menjadi penulis, maka ada jurusan kuliah yang cocok untuk kalian jejaki.

Seperti diketahui dengan menulis, kalian bisa menyalurkan kreativitas dan bisa membuat sebuah karya yang bisa dinikmati orang lain.

Perlu kalian ketahui, ada beberapa jurusan yang membutuhkan calon mahasiswa dengan kemampuan menulis yang baik.

Melansir Kompas.com, informasi dari akun Instagram @masukkampus, Selasa (3/8/2021), berikut ini 5 jurusan di perguruan tinggi yang bisa mengasah skill menulis.

1. Sastra

Kuliah sastra tidak hanya tentang membaca dan menulis. Semua jurusan sastra juga akan mempelajari tentang wacana kritis dan analisisnya.

Oleh karena itu, jurusan sastra juga cocok buat kalian yang berminat jadi content writer, terutama dalam bidang riset dan pengembangan konten.

2. Komunikasi

Dalam membuat content, komunikasi yang baik menjadi hal yang sangat penting. Tanpa pemahaman ilmu komunikasi, yang disampaikan ke pembaca bisa saja tidak mudah dipahami.

Ketika memilih jurusan komunikasi, kalian akan belajar bagaimana cara menyampaikan sebuah informasi melalui lisan termasuk tulisan yang mudah dipahami.

Baca Juga: Inilah 10 Universitas Negeri dengan Jurusan Psikologi Akreditasi A

3. Perfilman

Jika tertarik di dunia perfilman, jurusan ini bisa kalian pilih. Kalian juga bisa menyalurkan hobi menulis, terutama dalam menulis naskah.

Selain itu, kalian juga akan belajar bagaimana menyusun naskah skenario untuk pementasan teater dan film. Lalu, kalian juga bisa menulis dalam bidang jurnalistik seni atau kritikus film.

4. Pendidikan

Jurusan pendidikan juga bisa menjadi pilihan buat kalian. Jurusan ini akan membuat kalian belajar proses transfer ilmu yang efektif dari guru pada murid dan bagaimana cara mengajar yang tepat.

5. Media dan broadcasting

Selain untuk mengasah skill menulis, jurusan media dan broadcasting ini juga pas banget buat kalian yang komunikatif, kreatif dan tangguh.

Karena di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan pada khalayak lewat media massa.

Itulah 5 jurusan yang bisa kalian pilih untuk mengembangkan kemampuan menulis. Jadi yang punya hobi menulis tentu sangat cocok dalam jurusan kuliah tersebut. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest