Follow Us

Industri Data Mendominasi, Geluti! Inilah Profesi Paling Bersinar 5 Tahun Mendatang

Ferry Budi Saputra - Kamis, 29 Juli 2021 | 16:00
Ilustrasi Ahli IT
Flickr

Ilustrasi Ahli IT

HAI-Online.com - Menurut World Economic Forum ada beberapa pekerjaan yang akan bersinar lima tahun kedepan.

Prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Ini Perbedaan CV, Resume dan Portofolio

Nah, 10 profesi yang diprediksi paling bersinar di tahun 2025 menurut Future of Jobs Survei 2020 oleh World Economic Forum yaitu:

1. Data analyst and data scientist 2. Artificial intelligence (AI) and machine learning specialist 3. Big Data Specialist 4. Digital marketing and strategy specialist 5. Process automation specialist 6. Business development professionals 7. Digital transformation specialist 8. Information security analyst 9. Software and application developer 10. Internet of things specialist

Berdasarkan prediksi tersebut setidaknya 50 persen pegawai perlu menambah dan memperbaiki skill yang berkaitan dengan teknologi supaya bisa bertahan di dunia kerja.

Kabar baiknya, melansir laman DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN), meskipun pekerjaan tersebut umumnya digeluti oleh mereka yang memiliki background pendidikan di bidang statistik, IT, atau matematika, tidak menutup kemungkinan bagi lulusan baru atau siapa pun bisa berkarier di bidang IT terutama industri data.

Berikut, 4 profesi yang paling bersinar 5 tahun ke depan di industri data:

1. Data Analyst

Seorang data analyst dalam kesehariannya bertugas untuk mengambil atau mengumpulkan data, mengatur, dan menggunakannya.

Hal ini tidak lain ia lakukan guna mendapatkan suatu kesimpulan sesuai dengan proyek yang sedang diamati, seperti penjualan, inventaris, atau media sosial.

Sesuai dengan namanya, data analyst juga bertanggung jawab atas analisis statistik dan interpretasi data.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest