Follow Us

Pelajar SMK Jurusan IT Nggak Malu Bantu Ortu Ngelas dan Laundry, Kini Dapat Beasiswa Kuliah Sampai Lulus S1

Al Sobry - Minggu, 01 Agustus 2021 | 10:47
Suka bermain game, kabir ke warnet, tapi Zetta pelajar SMM nggak lupa membantu pekerjaan ortu, termasuk mengejar cita-cita di bidang IT.
KOMPAS.com

Suka bermain game, kabir ke warnet, tapi Zetta pelajar SMM nggak lupa membantu pekerjaan ortu, termasuk mengejar cita-cita di bidang IT.

HAI-Online.com - Remaja asal Semarang, Zetta Septian Nugroho Adhi mengaku sempat tak punya ekspektasi bisa berkuliah seperti teman-temannya.

Biaya kuliah yang tinggi membuat Zetta nggak mau membebani sang ayah, Joni Christiono yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang las.

Zetta berpikir untuk segera bekerja setelah lulus dari sekolah kejuruan demi bisa membantu kedua orangtua.

"Pendapatan ayah tak menentu. Apalagi di masa Pandemi ini, penurunan penghasilan sangat terasa. Awalnya saya ingin langsung kerja sehingga sebagai anak pertama bisa membantu keluarga," papar Zetta dalam Talkshow Pengumuman Beasiswa Semesta, Rabu (28/7/2021).

Meski begitu, keinginan kuliah yang tinggi membuat Zetta mencoba upaya lain, yakni mengikuti seleksi Beasiswa Semesta.

SMK Jurusan IT tapi Bantu ortu "ngelas" dan nge-laundy

Sang ayah memaparkan, untuk kisaran penghasilan ngelas tidak menentu, kadang ia mendapat Rp 500.000 sebulan, kadang bisa lebih.

Sementara ibu Zetta, Ester Yuliani membuka jasa laundry kecil-kecilan di rumahnya.

Tak jarang, Zetta sebagai anak sulung diminta bantuan tenaga oleh kedua orang tuanya untuk menyambung besi dan mencuci baju.

"Zetta tidak pernah menolak. Zetta pun selalu pandai mengatur waktu, kapan bermain game, kapan sekolah, kapan belajar, dan kapan membantu orang tua.

Baca Juga: Hidup Mahasiswa Jadi Tenang Kalo Uang Kiriman Ortu Diatur Pake Cara Jitu Ini!

"Kami sebagai orang tua membantu Zetta dengan mengajak pada pekerjaan yang jaraknya dekat-dekat saja, agar tidak terlalu kelelahan,” lanjut Joni.

Profesi tukang las dan laundry yang menghadirkan jasa bagi lingkungan sekitar, otomatis membuat keluarga Zetta menjadi salah satu keluarga yang terdampak perekonomiannya karena pandemi Covid-19.

Editor : Al Sobry

Latest