Follow Us

Viral Tagihan SPayLater Membengkak Jadi Rp17 Juta, Ini Penjelasan Shopee

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 13 Juli 2021 | 12:40
Cewek ini membagikan tagihan SPayLater-nya yang disebutnya membengkak sampe Rp17 juta.
TikTok

Cewek ini membagikan tagihan SPayLater-nya yang disebutnya membengkak sampe Rp17 juta.

HAI-Online.com – Postingan seorang cewek yang kaget karena tagihan di akun Shopee Pay Later miliknya membengkak baru-baru viral di media sosial.

Pasalnya, tagihan yang awalnya Rp453.308 di bulan Juni 2020 membengkak menjadi Rp17.431.161 di bulan yang sama tahun 2021.

Dalam unggahan tersebut sambil menunjukkan wajahnya yang berkaca-kaca sedih, tagihan itu melonjak karena nggak mampu membayar cicilan setiap bulan, sehingga tagihannya menjadi berkali-lipat.

"Nangis karena pacar (X), Nangis karena Spaylater (√),” tulisnya lewat unggahan di akun TikTok miliknya.

Menanggapi postingan yang viral tersebut, Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo menyebut pihaknya telah melakukan konfirmasi isu viral tersebut pada pihak SPayLater.

"Kami telah melakukan pengecekan dengan pihak yang menyediakan layanan SPayLater terkait isu viral yang muncul di media sosial mengenai pengguna SPayLater yang menyebut tagihannya membengkak dari Rp400.000++ menjadi Rp17.000.000++ dalam setahun akibat tidak membayar cicilan," jelas Radityo kepada Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Viral Pencurian Patung Pocong Demi Konten, Pelaku Sudah Ditangkap

Radityo memastikan, informasi yang disampaikan oleh cewek tersebut melalui unggahan TikTok merupakan informasi yang salah.

"Isu tersebut tidak benar dan pengguna membuat video gabungan atau duet dari dua video berbeda. Kami harap masyarakat tidak menyebarkan informasi yang salah atau hoaks," ujar dia.

Tagihan berbeda Radito pun menegaskan, akun SPayLater dengan tagihan Rp400 ribuan itu berbeda dengan akun yang memiliki tagihan Rp17 jutaan, dan keduanya melakukan pembayaran kredit secara lancar hingga saat ini.

"SPayLater menegaskan bahwa tidak ada kendala maupun keterlambatan pelunasan tagihan yang dihadapi kedua pengguna berbeda ini," ungkap Radityo.

Untuk isu adanya bunga yang dikenakan ketika tidak bisa melakukan pelunasan tagihan sebelum tiba masa jatuh tempo, Radityo mengimbau agar pengguna nggak melakukan kredit di luar batas kemampuan membayarnya.

"Pengguna SPayLater diharapkan untuk menggunakan produk kredit online dengan bijaksana," jelas dia. (*)

Baca Juga: Kronologi Cewek Pengemudi Mobil Vios Seret Motor Sejauh 200 Meter hingga Dikejar Warga

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan Shopee soal Tagihan SPayLater yang Membengkak dari Rp 400.000 Jadi Rp 17 Juta"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest