Follow Us

Lulusan Sarjana Hukum UI, Once Mekel Ungkap Alasan Kenapa Pilih Jadi Musisi Daripada Jadi Pengacara

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 12 Juni 2021 | 14:00
Once Mekel
Dok. Aquarius Musikindo

Once Mekel

HAI-Online.com - Eks vokalis Dewa 19, Once Mekel membeberkan alasannya memilih dunia musik daripada dunia hukum menjadi pengacara. Seperti diketahui dia merupakan lulusan S1 Hukum Universitas Indonesia.

Baca Juga: Lihat Once Tampil di Cafe Pertama Kali Sebelum Diajak Gabung Dewa, Ahmad Dhani: Gila Nih Suaranya

Berbicara kepada KUY Entertainment pada Agustus 2020, Once membeberkan 5 hal yang membuatnya memilih dunia musik menjadi penyanyi ketimbang dunia hukum menjadi pengacara.

Pertama, dia menjawab kalau dia meyakini dilahirkan menjadi musisi, "Karena gue dilahirkan sepertinya dan gue percaya sih untuk menjadi musisi dan penyanyi. Gue dibuat untuk itu," ungkapnya.

Kemudian, alasan kedua dunia hukum rumit baginya, "Lagian udah banyak jagoannya, gue nggak merasa punya kelebihan di situ, meskipun gue juga bisa," katanya.

Ketiga, Once bilang dia nggak bisa kerja pagi-pagi. Lalu keempat, alasannya dia nggak mau potong rambut, "Karena gue nggak lihat ada ahli atau lawyer hukum yang gondrong dan gue lagi nggak mau potong rambut," ucapnya.

Kemudian yang kelima, dia mengatakan bayaran musisi atau penyanyi nggak kalah dari bayaran lawyer, "Kecuali kalau lawyernya seperti Hotman Paris kali. Tapi, kalau gue mau kayak untuk menjadi musisi dan penyanyi gue akan pilih banyak duit kayak Iwan Fals," ungkapnya.

Vokalis berusia 51 tahun itu juga mengungkapkan dirinya pernah menjadi lawyer untuk sebuah perusahaan, "Gue udah pernah jadi lawyer di perusahaan konstruksi dulu, sekitar 2 tahun. Lalu, gue pernah jadi lawyer di perusahaan penelitian yang kerja dengan DP tapi perusahaan dari luar negeri. Kasih masukan-masukan soal legal aturan dan lain sebagainya," tuturnya.

Baca Juga: Ari Lasso Dipecat atau Mengundurkan Diri dari Dewa? Ahmad Dhani Ungkap Kebenarannya hingga Digantikan oleh Once

Setelah pengalaman itu, dia nggak pernah lagi tekunin dunia lawyer dan nggak pernah masuk law firm. Once juga merasa penasaran bagaimana jadinya jika dia menekuni profesi itu, "Kali aja gue punya banyak ruko kayak Hotman Paris," ucapnya sambil tertawa.

Meski nggak lagi memfokuskan diri di dunia hukum, pada akhirnya Once menjadi musisi yang sukses. Seperti diketahui Once bergabung dengan Dewa pada 1999, setelah diajak Ahmad Dhani. Saat itu dia menggantikan posisi Ari Lasso yang telah memutuskan keluar dari Dewa.

Karier Once semakin melejit melalui band tersebut ditandai dengan album-album Dewa yang laris terjual di antaranya Bintang Lima (2000) dan Cintailah Cinta (2002).

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular