Follow Us

Berpola ‘Crop Circle’ Nggak Lazim, Hutan di Jepang Ini Ternyata Merupakan Eksperimen Pemerintah

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 06 Juni 2021 | 19:37
Hutan cedar dengan pola mirip crop circle di Prefektur Miyazaki, Jepang.
Bored Panda

Hutan cedar dengan pola mirip crop circle di Prefektur Miyazaki, Jepang.

HAI-Online.com – Tanaman berpola mirip crop circle udah menjadi hal yang nggak asing ditemui pada hutan cedar di Prefektur Miyazaki, Jepang.

Sebelumnya, foto-foto kawasan hutan dengan pola aneh, yang hanya terlihat dari atas, beredar di internet sekitar tiga tahun lalu sampai memicu segala macam teori konspirasi yang melibatkan segala hal mulai dari alien hingga eksperimen rahasia pemerintah.

Teori tersebut memang benar adanya, meski memang nggak benar-benar rahasia—bahkan udah menjadi program pemerintah.

Baca Juga: SpaceX Meluncur ke Luar Angkasa, Orang-orang Ngaku Liat UFO di Siaran Live Streaming

Yap, pola unik pohon-pohon di hutan tersebut merupakan inisiasi Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang, seperti dilansir dari Oddity Central pada Minggu (6/6/2021).

Ditetapkan jadi 'Perhutanan Eksperimental'

Hal ini bermula saat pada tahun 1973, sebuah area di dekat Kota Nichinan ditetapkan sebagai kawasan ‘perhutanan eksperimental’ yang hasilnya dapat kita lihat hari ini.

Salah satu percobaan yang dilakukan di daerah tersebut adalah mengukur pengaruh jarak pohon terhadap pertumbuhan.

Mereka menanam pohon cedar atau aras dengan jarak sepuluh derajat hingga akhirnya membentuk sepuluh lingkaran konsentris yang semakin kompak.

Baca Juga: Mengenal Legenda Rubah Ekor Sembilan yang Populer dari Jepang

Selang 50 tahun kemudian, percobaan ini membuktikan bahwa kepadatan punya kemungkinan memengaruhi pertumbuhan. Sebab, pohon aras yang ditanam lebih rapat tumbuh lebih pendek daripada mereka di lingkaran luar—yang menghasilkan pola tampilan cekung.

Menurut Kementerian Pertanian Jepang, perbedaan ketinggian antara pohon terkecil di tengah pola konsentris dan pohon tertinggi di lingkaran luar adalah lebih dari 5 meter.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest