Follow Us

Nggak Cuma Sampah Plastik, Penyelam Temukan Ikan Terlilit Cincin Kawin Emas 

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 18 Mei 2021 | 20:05
Seekor ikan mullet atau belanak malang yang terlilit cincin kawin emas di perairan dekat Pulau Norfolk, Australia.
Susan Prior/Facebook

Seekor ikan mullet atau belanak malang yang terlilit cincin kawin emas di perairan dekat Pulau Norfolk, Australia.

HAI-Online.com – Perhiasan bisa jadi merupakan salah satu harta yang berharga bagi manusia, tetapi di sisi lain bisa menjadi sampah bagi makhluk laut seperti ikan.

Hal inilah yang menimpa seekor ikan mullet atau belanak yang biasa terlihat di Samudra Pasifik selatan.

Melansir laporan New York Post, Susan Prior yang merupakan seorang penulis travel dan penyelam snorkel, yang tinggal di Pulau Norfolk Australia membagikan gambar seekor ikan mullet keperakan dengan cincin kawin emas melilit kepalanya pada awal pekan ini.

Baca Juga: Alasan Polisi Tak Menahan Khadijah, Pelempar Sampah Plastik ke Mulut Kuda Nil Adalah...

Ia sendiri sebenarnya udah terbiasa melihat tubuh ikan-ikan kecil ini terlilit sampah plastik yang kemungkinan besar berasal dari "jus plastik dan botol susu" yang dibuang ke laut.

“Terkadang cincin ini lolos ke alam liar, dan ini adalah konsekuensi yang menyedihkan,” kata Prior dalam postingan di blognya 11 Mei lalu.

Baca Juga: Madinah Jadi Kota Paling Sehat di Dunia Tahun 2021, WHO: Lingkungan Fisik dan Sosialnya Berkembang

Namun satu ikan mullet ini menarik perhatiannya karena aksesori barunya yang sangat mencolok.

"Yang ini tampak seperti emas metalik yang mengilap, dengan pertumbuhan alga yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang plastik," tulisnya, mengacu pada belanak masa lalu yang dilihatnya dengan tampilan serupa.

Meskipun bukan hal yang aneh jika perenang kehilangan cincinnya di air, Prior juga ingat bahwa seseorang dari Pulau Norfolk ternyata baru saja kehilangan gelang emasnya.

"Saya ingat bahwa seseorang telah memposting di halaman media sosial komunitas lokal kami tentang cincin kawin pria besar yang hilang di teluk awal tahun ini, jadi saya memutuskan untuk melihat apakah saya dapat menemukan kemungkinan pemiliknya," jelasnya.

“Nggak butuh waktu lama sampai kecurigaan saya terkonfirmasi; kami sekarang memiliki ikan mullet malang yang terlilit cincin kawin emas (mahal) milik seseorang," ujarnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest