Follow Us

5 Rekomendasi Aktivitas Biar Libur Lebaran Tetep Seru Walau Cuma Di Rumah

Dok Grid - Senin, 01 April 2024 | 10:32
Ilustrasi Ngumpul Lebaran
Flickr

Ilustrasi Ngumpul Lebaran

HAI-Online.com - Nggak berasa, libur lebaran bentar lagi. Umumnya, mendekati waktu lebaran banyak orang disibukkan dengan berbagai persiapan untuk mudik ke kampung halaman.

Tapi, ada juga yang memilih lebaran di rumah. Meskipun engga kemana-mana, bukan berarti kita nggak bisa punya momen lebaran yang seru, meski di rumah aja loh!

Untuk membuat suasana kebersamaan di rumah semakin hangat, simak berbagai ide kegiatan seru selama liburan lebaran sebagaimana direkomendasikan oleh Psikolog Anak dan Keluarga, Irma Gustiana.

1. Camping di rumah

Kegiatan yang identik dengan alam bebas ini sejatinya bisa di rumah, cuy! Walau tetap terasa beda dengan berkemah di alam terbuka, namun berkemah di rumah dapat dijadikan alternatif yang aman buat berkumpul bareng keluarga pas libur lebaran.

Menurut Irma Gustiana, aktivitas ini dapat melatih kemandirian anak, mempererat bonding antara anak dan orang tua, mengembangkan kemampuan untuk berkreasi dan mengasah keluwesan koordinasi motorik visual anak.

Baca Juga: Kasih Tahu si Dia, Begini Cara Merawat Baju Muslim Biar Tetap Bagus Dipakai Saat Lebaran

2. Karaoke di rumah

Karaoke memang selalu menjadi cara ampuh buat have fun. Apalagi kalo dilakukannya bareng orang-orang terdekat kita.

Lebih lanjut, Irma Gustiana menjelaskan bahwa karaoke juga bermanfaat untuk mengembangkan bakat dan minat anak terkait dengan bidang seni musik dan olah vokal, mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan bahasa, mengasah koordinasi motorik jika dilakukan dengan gerakan dan merekatkan hubungan orangtua serta anak sehingga lebih hangat.

3. Nge-Vlog

Salah satu aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan bersama keluarga di rumah adalah membuat vlog atau film pendek. Bayangin aja, ada yang berperan sebagai kameramen, ada yang menjadi pemeran utama sampai dengan mengurus properti. Momen yang paling menyenangkan adalah ketika film telah selesai diproduksi, satu keluarga berkumpul di ruang tv untuk menyaksikan hasil film yang telah mereka produksi bersama. Sungguh quality time yang sempurna bareng keluaraga!

4. Board game

Bermain board game seperti monopoli, scrabble dan jenga juga dapat dijadikan pilihan untuk mengisi waktu bersama keluarga. Selain dapat dijadikan sebagai media belajar yang menyenangkan, bermain board game juga bermanfaat untuk mengasah fokus serta strategi si kecil sejak dini. Selain itu, dengan melibatkan anak untuk bermain board game, orang tua dapat menumbuhkan jiwa berkompetisi secara sehat.

“Menumbuhkan jiwa kompetisi pada anak menjadi suatu hal yang penting, karena anak akan belajar bagaimana bekerja keras, sportif, belajar ketangkasan, megembangkan rasa percaya diri dan inovatif sehingga anak akan tumbuh berkembang dengan optimal dari aspek kognitif, sosial dan emosional,” tutur Irma Gustiana.

5. Movie time

Kangen nonton bioskop tapi khawatir dengan kesehatan keluarga? Jangan khawatir, kamu tetap bisa kok membuat pengalaman nonton bareng keluarga kamu jadi sama serunya dengan nonton bioskop.

Kamu bisa pilih film keluarga favorit, lalu set up proyektor dan sound system untuk pengalaman nonton yang menyenangkan! Untuk menambah keseruan, kamu bisa siapkan semangkuk popcorn untuk jadi camilan keluarga. Dijamin aktivitas ini akan membuat liburan lebaran bersama keluarga jadi lebih seru. (*)

Editor : optimization

Baca Lainnya

Latest