Follow Us

Nggak Mau Kena Darah Tinggi di Usia Muda, Olahraga yang Benar Jadi Solusinya

Al Sobry - Selasa, 04 Mei 2021 | 09:05
Nggak Mau Kena Darah Tinggi di Usia Muda, Olahraga yang Benar Jadi Solusinya

Nggak Mau Kena Darah Tinggi di Usia Muda, Olahraga yang Benar Jadi Solusinya

Ternyata penyakit hipertensi tidak cuma dialami oleh orang tua, mereka yang berusia muda dan produktif pun bisa menderita hipertensi.

Seperti diketahui bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi termasuk salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang tertinggi di Indonesia.

Riskesdas 2018 melaporlan prevalensi hipertensi pada usia di atas 18 tahun mencapai 34,1 persen. Artinya, 1 dari 3 orang dewasa di Indonesia merupakan penderita hipertensi.

Kamu perlu tahu, seseorang disebut menderita hipertensi bila tekanan sistolik lebih dari 140 mmHg, dan diastolik kurang dari 90 mmHg.Makanya selain olahraga rutin sesuai kemampuan dan dilakukan dengan benar, penting juga niu rutin melakukan pemantauan tekanan darah.

Panelis Kopi Sehat

Panelis Kopi Sehat

Nah, memakai smartwatch yang bukan cuma ikut-ikutan pakai karena tren tetapi memanfaatkan fiturnya akan bisa membantu mengontrol tekanan darah mereka.

“Samsung Galaxy Watch3 dan Watch Active2 mendukung lebih banyak masyarakat Indonesia untuk memulai, menjalankan, dan mempertahankan kebiasaan berolahraga untuk memelihara kebugaran," ujar Leo Hendarto, Product Marketing Samsung Indonesia dalam acara yang sama.

Menurutnya, dua gear olahraga terbarundaru Samsung ini tak cuma memiliki desain yang trendi dan sporty, tapi juga dilengkapi berbagai fitur canggih. Diantaranya punya kemampuan health tracking terbaik di kelasnya, seperti pelacakan denyut nadi, tekanan darah, hingga EKG.

"Khususnya bagi pengguna Galaxy Watch3, tersedia pula fitur untuk memonitor saturasi oksigen. Memantau kesehatan kini menjadi lebih mudah, di manapun dan kapanpun kita inginkan,” jelas Leo lagi.

Mikha Tambayong mengaku pengalaman memakai Samsung Galaxy Watch 3 membantunya tahu akam kondisi tubuh saat sebelum, saat dan setelah berolahraga.

Baca Juga: Minum Es Teh Manis Saat Buka Puasa Perlu Dihindari? Begini Penjelasan Ahli Gizi

“Kebetulan aku memang rutin berolahraga. Samsung Galaxy Watch3 sangat membantuku untuk memonitor tekanan darah, denyut nadi, EKG, dan saturasi oksigen. Jadi merasa lebih aman dan nyaman saat berolahraga,” terangnya.

Tak hanya sekadar menjaga olahraga dan memantau denyut nadi jantung kita, selama pandemi ini kita juga perlu memaksimalkan pengetahuan kesehatan diri. Cara yang praktis adalah dengan melakukan telemedis, alias ke dokter tanpa perlu tatap muka.

Editor : Al Sobry

PROMOTED CONTENT

Latest