Follow Us

Bocoran Format Kompetisi European Super League, Klub Pendiri Anti Degradasi

Alvin Bahar - Senin, 19 April 2021 | 13:30
European Super League Ditentang Banyak Pihak, 12 Klub Besar Eropa Ini Dikabarkan Resmi Gabung
Twitter

European Super League Ditentang Banyak Pihak, 12 Klub Besar Eropa Ini Dikabarkan Resmi Gabung

HAI-ONLINE.COM - Lagi rame nih soal gelaran European Super League atau Liga Super Eropa yang melibatkan banyak klub papan atas Eropa. Bahkan, format kompetisi European Super League juga udah bocor.Sebenernya, proyek European Super League ini sudah direncanakan sejak 2018.Kenapa bisa ada rencanya European Super League? Semua berdasar dari "kegelisahan" beberapa klub top Eropa yang ingin membuat kompetisi sendiri untuk menyaingi Liga Champions.Salah satu tujuan "klub pendiri" membentuk Liga Super Eropae adalah keuntungan lebih besar dari hak siar maupun iklan.Format kompetisi Liga Super Eropa masih belum jelas. Meski demikian, sudah ada beberapa media Eropa yang membocorkannya ke publik.

Baca Juga: European Super League Ditentang Banyak Pihak, 12 Klub Besar Eropa Ini Dikabarkan Resmi GabungMelansir Sky Sports, berikut gambaran singkat format European Super League:- Diikuti 20 klub yang terdiri dari 15 klub pendiri dan lima klub lainnya.

- 15 klub pendiri bebas dari degradasi. Sementara, lima klub lainnya akan dirotasi berdasarkan pencapaian pada musim sebelumnya.

- 20 klub dibagi ke dalam dua grup berbeda. Masing-masing grup berisi 10 klub. Mereka akan memainkan laga kandang tandang.

- Tiga klub teratas dari masing-masing grup lolos langsung ke perempat final. Dua slot lainnya akan diperebutkan oleh penghuni peringkat empat dan lima dari masing-masing grup dalam pertandingan dua leg.

- Dari perempat final sampai semifinal memakai format dua leg, sedangkan final dimainkan satu pertemuan di tempat netral.Klaim dari New York Times, setiap tim akan memperoleh 400 juta USD (sekitar Rp 5,8 triliun) hanya dari partisipasi. DJumlah itu empat kali lebih banyak dari hadiah yang dibawa pulang oleh tim pemenang Liga Champions musim 2019-2020.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest