Follow Us

Fotonya Dibikin Meme Oleh Tokopedia Tanpa Izin, Band Punk Gamelanoink Kecewa

Alvin Bahar - Selasa, 13 April 2021 | 11:00
Meme punk dari Tokopedia yang menggunakan foto Gamelanoink.
Gamelanoink - Instagram

Meme punk dari Tokopedia yang menggunakan foto Gamelanoink.

HAI-ONLINE.COM - Meme jadi salah satu objek yang bisa buat naikin engagement perusahaan, Tokopedia pun melakukannya.Sayangnya, meme terbaru buatan Tokopedia bermasalah karena melibatkan band punk asal Bekasi, Gamelanoink.Soalnya, Tokopedia membuat meme dengan menggunakan foto Gamelanoink tanpa izin.Konten meme tersebut juga jadi sorotan oleh band tersebut."Kami dari @gamelanoink kecewa dengan postingan ini. Foto punk itu adalah foto band kami dalam rangka perilisan album tahun 2019 lalu. Kami tidak menyangka foto ini dijadikan bahan content Instagram Anda dengan bentuk objektifikasi individu-individu di scene punk," tulis Gamelanoink di Instagram.

Baca Juga: HAI Throwback: Konser Perdana SUM 41 di Jakarta Mei 2008"Kami menyesalkan perusahaan sebesar @tokopedia menyomot foto kami dan menjiplak ide content ini tanpa izin untuk kepentingan menaikkan engangement," lanjutnya.

Gamelanoink menuntut Tokopedia untuk men-takedown meme tersebut, "Karena selain tidak lucu, dan tidak izin mengambil foto kami, kami muak jadi objektifikasi bahan tertawaan, apalagi content plagiat yang sangat tidak kreatif ini."

Protes Gamelanoink di Instagram mendapat lebih dari 300 komentar yang mendukung mereka.Tokopedia pun langsung bereaksi dengan men-takedown sekaligus meminta maaf di kolom postingan Instagram Gamelanoink.Kejadian tersebut menurut Tokopedia juga bertentangan dengan standar yang berlaku di perusahaan mereka."Saat ini, kami sudah menurunkan konten yang dimaksud dan berkomitmen agar kejadiaan seperti ini tidak terjadi di kemudian hari. Sekali lagi, Tokopedia memohon maaf atas ketidaknyaman yang dirasakan oleh Gamelanoink," tulisnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest