Follow Us

Minat Masuk Unpad? Bisa Lewat Jalur Prestasi dan Mandiri, Nih!

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 08 April 2021 | 19:57
Kampus Universitas Padjajaran (Unpad)
Kompas.com/Reni Susanti

Kampus Universitas Padjajaran (Unpad)

HAI-Online.com – Di samping melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, kalian yang berminat kuliah di Universitas Padjadjaran (Unpad) masih bisa masuk lewat jalur lain, lho.

Melalui laman Instagram resmi, Unpad telah mengumumkan jadwal Seleksi Masuk Unpad Program Sarjana S1 Jalur Prestasi dan Jalur Mandiri.

"Hai #pejuangunpad2021 jangan lupa save postingan admin kali ini.. Karena ini adalah tanggal-tanggal penting buat kamu yang lagi berjuang untuk bisa masuk @universitaspadjadjaran," tulis akun Unpad, Selasa (6/4/2021).

Merangkum laman resmi Unpad, proses seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad akan mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang diperoleh siswa di bidang sains, olahraga, dan seni.

Baca Juga: Ikut UTBK-SBMPTN 2021? Ini 4 Tips Persiapan dari LTMPT untuk Peserta

Selain itu, pendaftar juga wajib mengikuti seleksi nasional Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 15 Maret lalu.

Untuk seleksi Sarjana Jalur Prestasi, pendaftaran, masa isi data dan unggah dokumen dibuka pada 17 Maret–15 April 2021

Sedangkan pengumumannya akan dilaksanakan pada 18 Juni 2021.

Nah, untuk persyaratan khusus mengenai seleksi masuk program Sarjana Jalur Prestasi Unpad, kalian bisa simak informasi sebagai berikut:

  1. Merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1–5 bagi lulusan SMA/MA/ SMK (khusus pendaftar prestasi sains) yang ditunjukkan dengan rapor asli.
  2. Pendaftar klaster seni bidang orkestra/seni musik/paduan suara/seni tarik suara wajib memiliki kemampuan membaca partitur yang ditunjukkan dengan sertifikat asli.
  3. Memiliki prestasi minimal juara III dalam kompetisi seni, budaya, sains, olahraga, serta kompetisi lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti:
Baca Juga: Ingin Daftar Sekolah Kedinasan? Jangan Lupa Siapkan 4 Dokumen Wajib Ini

Olimpiade sains tingkat provinsi, nasional atau internasional yang meliputi bidang: matematika, kebumian, fisika, geografi, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, dan ekonomi; Festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi atau nasional;

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest