Follow Us

Pernah Ketindihan? Tenang, Lo Nggak Digangguin Setan Kok, Fenomena Mistis Ini Bisa Dijelasin Pake Sains

Alvin Bahar - Sabtu, 27 Maret 2021 | 16:00
Ketindihan atau sleep paralysis
Gerard Van der Leun/Flickr

Ketindihan atau sleep paralysis

HAI-ONLINE.COM - Pernah ketindihan? Lagi tidur, tiba-tiba badan berasa berat kayak ada ‘sesuatu’ yang menimpa atau menindih badan kita. Nggak cuma jadi berat, efeknya, saat itu juga kita seakan jadi nggak bisa berbicara, bahkan kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuh lainnya. Katanya, sih, kita ketindihan setan. Hiiii…, seram banget? Beneran, nih?Jelas bukan. Itu cuma mitos yang beredar di lingkungan kita aja, kok. Soalnya, dalam dunia medis, kejadian janggal ini termasuk sebagai gangguan tidur aja. Nggak lebih.“Ketindihan itu diagnosisnya sleep paralysis. Nggak ada hubungannya dengan hal gaib. Nah, sleep paralysis ini adalah sensasi di mana kita merasa sadar, tapi nggak bisa menggerakkan anggota tubuh,” ujar dokter Aryo Pradito menjelaskan.Lebih lanjut, dokter yang akrab disapa Dito ini menambahkan bahwa ini merupakan hal wajar yang kerap dialami oleh remaja berusia sekitar 14-17 tahun.

Baca Juga: Jawaban Sains, Kenapa Hujan Bikin Orang Jadi Ngantuk, Mager dan Sedih...Usut punya usut, penyebabnya ada banyak. Nggak cuma faktor fisik, hal ini juga didukung oleh faktor psikologis.Penyebab Sleep Paralysis:1. Jam Tidur Berubah-ubahBuat lo yang suka lembur atau begadang karena ngerjain tugas sekolah atau buat main game, dari sekarang mending kurang-kurangin, deh.

Soalnya, menurut dokter Dito, hal ini jadi penyebab utama kenapa kita bisa merasakan seramnya sensasi ‘ditindihin setan’.

2. StresKalau punya masalah di sekolah atau sama pacar, mendingan lupakan sejenak sebelum kita tidur. Soalnya, mental yang stres bisa jadi salah satu pemicu terjadinya sleep paralysis.3. Posisi Tidur60 persen dari kasus ini terjadi karena posisi tidur kita terlentang. Well, mulai dari sekarang, coba biasakan untuk tidur miring, deh.

Baca Juga: Hobi Tidur Seharian Saat Weekend? Hati-Hati Kena Social Jet Lag4. Obat-obatanMengonsumsi obat emang punya efek bermacam-macam. Nggak cuma bikin kita jadi cepat ngantuk, mengonsumsi obat ternyata juga bisa menyebabkan sleep paralysis. Makanya, jangan berlebihan apalagi sampai mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Nggak cuma bisa merasakan sensasi ditindih setan, dengan konsumsi obat terlarang, lo bisa ngerasain langsung gimana sakitnya ditindih sama sipir penjara. Duh!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest