Follow Us

Sutradara Chloé Zhao Beri Kritik, Film Nomadland Langsung Disensor di China

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 13 Maret 2021 | 12:57
Sutradara Chloé Zhao Beri Kritik, Film 'Nomadland' Disensor di China
Youtube

Sutradara Chloé Zhao Beri Kritik, Film 'Nomadland' Disensor di China

HAI-Online.com - Film Nomadland telah disensor di China karena komentar sutradara Chloe Zhao tentang negara tersebut dalam wawancara pada tahun 2013.

Baca Juga: Steven Spielberg Adaptasi Novel 'The Talisman' dari Stephen King untuk Proyek Film Netflix

Sutradara Chloe Zhao merupakan wanita Asia pertama yang memenangkan Golden Globe untuk Sutradara Terbaik pada bulan lalu.

Melansir dari Slashfilm, Awalnya film tersebut bakal dipromosikan di China, ditandai dengan media pemerintah yang memuji Zhao sebagai "The Pride of China".

Namun, pada Jumat (5/3/2021), waktu pemutaran film tersebut dihapus dari situs web penjualan tiket dan referensi mengenai film tersebut mulai menghilang.

Seperti yang dilaporkan The Guardian, tagar terkait Nomadland di situs mikroblog China, Weibo, telah dihapus disertai pesan yang mengatakan film tersebut telah dihapus "sesuai dengan hukum, peraturan, dan kebijakan politik yang relevan".

Meskipun, publikasi untuk film tersebut telah disensor, Variety melaporkan bahwa rilis film yang tidak dipublikasikan masih akan dilanjutkan di negara tersebut.

Semua hal ini sepertinya berawal pada wawancara tahun 2013 dengan majalah Filmmaker, Zhao melontarkan komentar yang disebut-sebut merujuk ke China, di mana dia tumbuh sebagai remaja, sempat mengatakan "tempat di mana ada kebohongan di mana-mana".

Baca Juga: Lady Gaga Bagikan Foto Pertama Proses Syuting 'House Of Gucci'

Film pemenang Golden Globe tersebut bakal dirilis langsung ke platform streaming Disney+ di Inggris dan Irlandia. Disney juga mengatakan film tersebut akan tersedia di bioskop ketika mereka dibuka kembali sebelum 17 Mei.

Film Nomadland diangkat berdasarkan buku non-fiksi Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century oleh Jessica Bruder, dan dibintangi oleh Frances McDormand.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest