Follow Us

Cek Nih Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi THE Emerging Economics 2021

Ferry Budi Saputra - Kamis, 11 Maret 2021 | 17:30
Universitas Indonesia, Perpustakaan
Flickr

Universitas Indonesia, Perpustakaan

HAI-Online.com - THE Emerging Economics 2021 terlah mengumumkan 9 perguruan tinggi Indonesia terbaik. Peringkat pertama diraih oleh Universitas Indonesia (UI).

Baca Juga: Ditutup 21 Maret 2021, Ikuti Seleksi Jalur Rapor Universitas Pertamina

Pemeringkatan THE Emerging Economics 2021 secara spesifik menilai perguruan tinggi di negara yang diklasifikasikan London Stock Exchange FTSE Group sebagai kelompok negara berkembang.

Ada tiga klasifikasinya menurut Bursa Efek London, seperti negara berkembang maju, negara berkembang sekunder, serta perbatasan.

Melansir kompas.com, informasi dari laman Times Higher Education, Kamis (11/3/2021) memberitahukan ada 606 perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan THE Emerging Economics 2021. Angka pemeringkatan tahun ini naik sebanyak 73 perguruan tinggi, dari posisi 533 perguruan tinggi di tahun lalu.

Perlu diketahui nih, penilaian THE Emerging Economics 2021 menggunakan 13 indikator yang serupa dengan penilaian THE World University Rankings. Jadi setiap perguruan tinggi dinilai berdasarkan pengajaran (teaching), penelitian (research), transfer pengetahuan (knowledge transfer), dan pandangan internasional (international outlook).

Namun, kedua sistem ini memiliki bobot penilaian yang berbeda untuk mencerminkan bagaimana prioritas pengembangan perguruan tinggi, khususnya di negara berkembang.

Baca Juga: Tertarik Kuliah di Amerika? Oregon State University Buka Beasiswa Nih!

Berikut ini daftar peringkat 9 perguruan tinggi terbaik Indonesia versi THE Emerging Economics 2021, yuk dicek.

1. Universitas Indonesia (UI) Peringkat dunia, UI berada di posisi 116.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB) Peringkat dunia, ITB berada di posisi 201-250.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM) Peringkat dunia, UGM berada di posisi 301-350.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest