Follow Us

Industri Film Nasional Terpuruk, Presiden Jokowi Janji Bakal Selamatkan Segera!

Al Sobry - Kamis, 11 Maret 2021 | 10:41
Industri Film Nasional Terpuruk, Presiden Jokowi Janji Bakal Selamatkan Segera!
Tribunnews

Industri Film Nasional Terpuruk, Presiden Jokowi Janji Bakal Selamatkan Segera!

HAI-Online.com - Pandemi Covid-19 membuat industri perfilman Indonesia terpuruk di tahun 2020. Padahal pada tahun 2019 industri film Indonesia tengah menduduki posisi 10 besar dunia

Dampak pandemi bagi pekerja film juga sangat besar, pada tahun 2019 terdapat 129 judul film nasional yang dirilis di bioskop dengan total penonton film nasional sebesar 52 juta orang.

Dibandingkan dengan kondisi selama pandemi, data per akhir Februari 2021 menunjukkan hanya terdapat 9 judul film nasional yang dirilis di bioskop. Total penonton pun cuma mencapai sekitar 400 ribu orang. Sedih, iya, marah jangan.

Baca Juga: Bioskop Masih Ditakuti Masyarakat, Pelaku Industri Film Kirim Surat Terbuka ke Presiden

Nah, setelah melayangkan surat terbuka untuk presiden Jokowi, akhirnya upay menyelamatkan industri film nasional direspon juga.

Sejumlah aktor dan sineas Tanah Air pun telah mengunjungi Istana Negara dalam rangka memenuhi undangan Presiden Jokowi dalam merespon surat terbuka dengan isu perfilman nasional tersebut pada Rabu (10/3/2021) kemarin.

Raffi Ahmad, Lukman Sardi, Reza Rahadian, Gina S. Noer, Manoj Punjabi, Joko Anwar, Shanty Harmayn, Marcella Zalianty, Chand Parwez dan Dian Sastrowardoyo ikut menghadiri acara tersebut.

Para pekerja film Indonesia pun mengapresiasi respon cepat Presiden Joko Widodo atas surat terbuka untuk menyelamatkan industri perfilman itu.

Produser Starvision Plus, Chand Parwez selaku Ketua Badan Perfilman Indonesia, menyampaikan apresiasinya atas respon cepat yang dilakukan pemerintah.

Segenap pekerja film berterima kasih atas respon cepat Bapak Presiden, Menparekraf, dan jajaran Kabinet Indonesia Maju," ujar Ketua Badan Perfilman Indonesia Chand Parwez seperti dikutip HAI dari Tribunnews.com, Kamis (11/3/2021).

"Semoga setiap langkah konkret koordinasi pemerintah pusat, daerah, dan pelaku industri akan mengembalikan film Indonesia kembali berjaya di bioskop dan menempati hati penonton tercintanya," bebernya.

Baca Juga: Eiger Tebus Diskon Sampai 50 Persen All Items, Usai Viral Surat Keberatan dan CEO Minta Maaf

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest