Follow Us

The Panturas Rilis Single Progresif Bernuansa Timur Tengah, 'Tafsir Mistik'

Bagas Rahadian - Jumat, 05 Maret 2021 | 16:21
The Panturas
Instagram @thepanturas

The Panturas

HAI-Online.com - The Panturas tampak kembali produktif di tengah situasi pandemi. Band surf rock asal Jawa Barat ini didapati baru aja merilis single anyar berjudul 'Tafisr Mistik'.

Seperti karya-karya mereka sebelumnya, The Panturas tampak belum bosan bereksplorasi dengan elemen unik pada lagunya.

Tentu masih pada ingat sama single 'Balada Semburan Naga' yang dirilis The Panturas pada November lalu, di mana mereka bereksplorasi dengan bebunyian tradisional dari instrumen Gambang Kromong.

Sebelas-dua belas dengan single sebelumnya, pada 'Tafsir Mistik' kuartet ini masih tampak memasukan unsur teatrikal dan progresif di lagunya, namun kali ini dengan instrumentasi berbeda yang identik dengan musik etnik dari timur tengah.

Baca Juga: Grrrl Gang dan Sejumlah Musisi Asia Bakal Tampil di Konser Online Hari Wanita Sedunia

Melansir NME Asia, vokalis dan gitaris Abyan Zaki Nabilio alias Acin mengatakan kalo ia terinspirasi oleh karya Django Reinhardt, gitaris gipsi-jazz kenamaan Prancis yang aktif selama era Perang Dunia II, di single ini.

Adapun secara tema lirik, Acin mengatakan lagu tersebut menyorot permasalahan sosial, terutama dengan munculnya para kalangan 'pemikir' di era media sosial 'yang merasa idealisme mereka adalah yang tertinggi tanpa melihat relativisme budaya'. Waduh, berat ya!

"Daripada menilai, lebih baik kita menghargai proses di mana mereka mencapai pemahaman tentang apa yang dikatakan 'benar atau salah'," tukas Acin.

Cus, simak lagunya! (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest