Follow Us

Cowok Lebih Gampang Menua daripada Cewek, Ternyata 9 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebabnya!

Al Sobry - Kamis, 04 Maret 2021 | 20:15
Shawn Mendes saat menua

Shawn Mendes saat menua

"Penuaan cowok itu bisa lebih cepat munculnya, karena cowok (kebanyakan) kurang begitu memerhatikan kulitnya dan cenderung lebih banyak menghadapi stres," ujarnya dikutip HAI dari KompasHealth, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Jangan Berlebihan Minum Kopi, Kafein Bisa Bikin Cowok Gampang Menua Lho!

Ilustrasi merokok
iStockphoto

Ilustrasi merokok

2. Nyebat

Udah ngopi ditemani rokok juga. Duh, merokok nggak ada baiknya untuk kesehatan tubuh, guys! Selain menyebabkan berbagai jenis kanker, merokok juga merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

Nikotin dalam rokok adalah biang keladinya. Dia akan memicu sel-sel kulit menjadi kekurangan air dan kehilangan kelembabannya dan membuatnya jadi kering.

Tahukah kamu, rokok juga punya sifat mengurangi kadar vitamin A yang ada di kulit wajah. Nggak heran, muka perokok terlihat kurang segar karena antioksidan alami yang sejatinya bisa untuk menangkal radikal bebas di wajah malah terhapus oleh asap rokok yang dihisap.

Baca Juga: Tetep Seger Meski Begadang, Ini 5 Tips Buat Mahasiswa yang Sering Ngerjain Tugas Sampai Malam

Paparan dingin dari AC dalam jangka panjang bisa memicu kerusakan pada kulit dan rambut. Hal ini terjadi karena AC menyerap kelembaban dalam ruangan.

Kalo kopi ambil kelembaban dari dalam, AC dari luar. So, jangan sering-sering ngamar!

Sebuah studi mengatakan, mereka yang mengalami stres terutama dalam jangka waktu panjang akan mengalami penuaan dini dan juga memiliki masalah pada sel leukosit dan telomere.

Leukosit ini punya peranan penting bagi sistem imun tubuh kita. Kalo sampai kekurangan telomere, maka leukosit akan mengalami kesusahan dalam menggandakan diri. Oleh karena itu, jika seseorang stres, maka leukosit bakal berkurang dan hal itu dapat memicu penuaan.

Minuman beralkohol dapat memicu wabah rosacea. Alkohol dapat membuat dehidrasi dan buruk bagi kualitas tidur. Kedua hal ini terkait sekali dengan penuaan dini.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular