Follow Us

Gfriend hingga Epik High Menghilang dari Spotify, Kpopers Kompak Migrasi ke Platform Musik Lain

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 01 Maret 2021 | 11:23
GFRIEND
KOMPAS.com

GFRIEND

HAI-Online.com - Jagat Twitterland diramaikan dengan trending topic ‘Spotify’ pagi ini dengan 2 juta lebih cuitan. Bersamaan dengan itu, keyword ‘Kakao M’, ‘Apple Music’ hingga ‘YouTube Music’ juga turut mengemuka.

Spotify menjadi trending di Twitter dengan lebih dari 2 juta cuitan pada Senin (1/3/2021) pagi.
HAI

Spotify menjadi trending di Twitter dengan lebih dari 2 juta cuitan pada Senin (1/3/2021) pagi.

Usut punya usut, keyword tersebut bermula dari hilangnya lagu dan album korean-pop (Kpop) di platform streaming digital Spotify per 1 Maret ini.

Hilangnya musik Kpop di Spotify ini terjadi karena Kakao M selaku distributor sebagian album dan lagu Kpop telah menghapus semua lagu pada platform tersebut di semua wilayah di seluruh dunia.

Sebenarnya nggak seluruhnya musik Kpop dihapus dari Spotify, tapi hanya musisi yang lagu-lagunya didistribusikan oleh Kakao M yang menghilang dari aplikasi streaming tersebut.

Baca Juga: Spotify Bocorin Sejumlah Update Baru, dari Upgrade Kualitas Audio Hingga Kerja Sama dengan DC Comics

Terkait hal ini, Spotify akhirnya mengonfirmasi bahwa konten musik yang didistribusikan oleh Kakao M telah memasuki masa kadaluarsa lisensi mereka.

Dalam pernyataan resmi mereka, Spotify mengatakan seharusnya persetujuan pembaruan lisensi itu dilakukan agar musik-musik tersebut bisa tetap didengar di Spotify.

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir," kata Spotify.

Kakao M mendistribusikan banyak musik dari agensi KPop terbesar, sejumlah lagu dari grup musik akhirnya benar-benar menghilang dari platform.

Baca Juga: Jennie BLACKPINK Jalani Debutnya Sebagai Editor Fashion Majalah Vogue

Sejumlah musisi yang lagu-lagunya hilang dari Spotify antara lain MAMAMOO, Seventeen, IU, MONSTA X, GFriend, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE.

Lalu ada BTOB, APink, P1Harmony, Dreamcatcher, EPIK HIGH, SISTAR, CRAVITY, Cosmiz Girls, dan banyak lagi artis lainnya.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest