Follow Us

Kreatif, Guru Jambi Gunakan TikTok sebagai Media Pembelajaran

Ferry Budi Saputra - Kamis, 25 Februari 2021 | 09:30
Nurfaidah, Guru Jambi yang Gunakan TikTok sebagai Media Pembelajaran
Tangkapan layar video Kompas.com

Nurfaidah, Guru Jambi yang Gunakan TikTok sebagai Media Pembelajaran

HAI-Online.com - Pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh. Butuh berbagai macam platform untuk digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran, salah satunya melalui TikTok. Seperti yang dilakukan seorang guru bernama Nurfaidah (35) yang mengajar di SDN 131 Kota Jambi.

Baca Juga: Sekolah Udah Lama Tutup, Remaja Ini Jadi Guru Dadakan Selama Pandemi

Nurfaidah mengaku, hal yang ia lakukan adalah bagaimana caranya mencegah kebosanan siswa, ia pun mengoptimalkan peran teknologi dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Salah satu yang digunakannya adalah dengan menggunakan media TikTok, mengingat TikTok saat ini menjadi aplikasi media sosial populer bagi setiap kalangan termasuk anak-anak

Teknologi ini kemudian dimanfaatkan Nurfaidah, sebagai media pembelajaran. Guru dengan akun TikTok @tehnufa tersebut bertujuan membuat konten belajar agar siswanya senang. “Saya menanyakan kepada anak-anak, mau dibuatkan video apa, rata-rata mereka menjawab saya membuat Tik Tok, ya sudah saya buat lah video dengan aplikasi TikTok. Ternyata mereka sangat senang, " ujarnya.

Nurfaidah mengakui terus berinovasi agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar, karena biasanya ia menggunakan zoom ketika belajar jarak jauh. “Lama-lama kan bosan juga terus menggunakan zoom, jadi diselingi dengan pembuatan media belajar dengan menggunakan TikTok,” ujarnya.

Baca Juga: Pelajar Mau Dapat Tunjangan Rp 750.000 perbulan? Yuk Daftar Beasiswa KSE Ini!

Padahal menurutnya, siswanya pun belajar juga pada akhirnya, karena melihat konten kreatif yang dibuat olehnya. “Saya buat ringkasan materinya,sehingga ketika saya meminta siswa membaca materi tentang energi pada mapel IPA, saya tinggal buat summary atau ringkasannya saja dari materi tersebut,” ujarnya.

Nurfaidah juga mengatakan peran orang tua juga perlu karena paling tidak mereka diminta mendampingi untuk melihat video pembelajaran melalui Tik Tok tersebut. “Agar anak tidak melihat konten yang lain, sehingga bisa lebih fokus ke materi ajar,” katanya.

Nufa mengakui membuat materi pembelajaran dengan menggunakan media Tik Tok ini begitu digemari oleh anak-anak sebagai bahan belajar. Salah satu materi yang dijadikan tugas, adalah pelajaran Bahasa Indonesia tentang cara mudah membuat peta pikiran.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Tegaskan Seragam Keagamaan di Sekolah Merupakan Hak Individu

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Guru Jambi Manfaatkan TikTok sebagai Media Pembelajaran"

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest