Follow Us

Rahasia Berperang Samurai Jepang Terungkap di Sebuah Teks Kuno Berusia 500 Tahun. Seperti Apa?

None - Senin, 22 Februari 2021 | 12:38
Kostum perang samurai Jepang.
Richard Mortel/Wikimedia

Kostum perang samurai Jepang.

HAI-Online.com - Sebuah teks yang diperkirakan berasal dari 500 tahun mengungkap rahasia yang dilakukan para samurai dalam berperang. Teks tersebut ditulis oleh dua penulis Jepang pada abad pertengahan.

Salah satu kutipan dari teks yang diterjemahkan Eric Shahan tersebut menyebutkan panduan agar samurai nggak memasuki jalan gunung yang penuh dengan perampok. Dengan kata lain, jangan bertarung dengan terlalu banyak musuh pada saat yang sama agar nggak kewalahan.

Di baris lain itu tertulis, "Sedikit pelatihan militer bisa menjadi penyebab cedera hebat."

Baca Juga: Dokter Perempuan Pertama di STOVIA, Marie Thomas Ulang Tahun ke-125 Lahirnya di Minahasa

Salah satu penulis teks tersebut, Yamamoto Kansuke, yang hidup dari 1501 hingga 1561 dan bekerja untuk seorang panglima perang bernama Takeda Shingen ketika perang.

Sementara sosok penulis lain tampaknya masih menjadi misteri yang belum terungkap.

Selain itu, sebagian kecil teks dikaitkan dengan Kusunoki Masashige, pahlawan nasional yang hidup dari tahun 1294 hingga 1336 dan melayani Kaisar Go-Daigo.

Empat versi teks tersebut pun masih bertahan dan semuanya telah diterbitkan dalam buku-buku Jepang selama berabad-abad. Teks dan ilustrasinya pun bervariasi dari versi ke versi, meskipun sebagian besar isinya serupa.

“Banyak buku seni bela diri Jepang lainnya dapat diterjemahkan dan dipelajari lebih lanjut,” kata Shahan.

Dia memberi tahu, “Kemudian, mereka semua harus diberi tanggal dengan benar, dan kemudian kita dapat meletakkan skenario bagaimana seni bela diri berevolusi dari abad ke-14 hingga ke-17.”

“Penting untuk dicatat bahwa di Jepang baru setelah penyatuan Jepang di bawah keshogunan Tokugawa [pada 1603] buku-buku tentang seni bela diri mulai muncul. Sebelum itu, semua orang terlalu sibuk bertarung,” imbuhnya.

Baca Juga: Alasan Kenapa Ikan Bandeng Identik dengan Perayaan Imlek di Jakarta

Source : intisari, ancient origins

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest