Follow Us

Dikenal Punya Wawasan Luas, Ini 6 Prospek Kerja Lulusan Prodi HI 

None - Minggu, 21 Februari 2021 | 15:37
Jurnalis asal Inggris, Luke Jones.
Wikimedia

Jurnalis asal Inggris, Luke Jones.

HAI-Online.com - Hubungan Internasional atau HI menjadi salah satu program pendidikan yang banyak jadi incaran calon mahasiswa baru.

Ambil contoh, di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada SBMPTN 2020 peminatnya mencapai 1.904 padahal daya tampung yang disediakan hanya 28 kursi.

Sedangkan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pada SBMPTN 2020 prodi Hubungan Internasional peminatnya 665, sedangkan kuota yang disediakan hanya 20 kursi.

Ilmu HI sendiri sangat luas, mencakup diplomasi dan politik internasional, serta ekonomi, kesejahteraan, dan konflik di suatu negara, dan perdamaian dunia.

Saat memilih jurusan ini, kemampuan kalian dalam memahami isu-isu global akan diasah lebih dalam.

Baca Juga: Mau Kuliah S2 di Jepang? Ikuti Program Beasiswa S2 Aichi Scholarship 2021

Nah, merangkum laman Kagama.co, Sabtu (20/2/2021), ada sejumlah prospek kerja menarik yang bisa kalian pertimbangkan jika memilih prodi HI nih, sob.

1. Menteri luar negeri

Berkat kinerjanya, Retno Marsudi kembali menjabat sebagai Menteri Luar Negeri periode 2019-2024. Retno Marsudi juga merupakan alumnus Departemen HI UGM.

Beliau juga menjadi Menteri Luar Negeri perempuan pertama tahun 2014 lalu.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memang menjadi sasaran utama. Tugas utama saat berkarier di Kemenlu meliputi perumusan dan pelaksanaan kebijakan politik dan hubungan luar negeri.

Bekerja di Kemenlu juga punya tugas lain seperti, mengelola kekayaan negara, mengawasi tugas di lingkungan kementerian, serta pelaksanaan tugas teknis dari pusat hingga ke daerah.

Halaman Selanjutnya

2. Tenaga ahli anggota DPR
1 2 3 4

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest